Baliho Ucapan Selamat untuk Kemenangan Prabowo di Purwakarta Diturunkan

Penurunan baliho besar yang berada di sejumlah lokasi di Purwakarta dilakukan oleh Bawaslu bersama Satpol PP Purwakarta.

Baliho Ucapan Selamat untuk Kemenangan Prabowo di Purwakarta Diturunkan
haryanto/tribun jabar
Proses penurunan baliho ucapan selamat bagi Capres dan Cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno di Purwakarta pada Jumat (10/5/2019). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Baliho ucapan selamat bagi Capres dan Cawapres nomor urut 02, Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno di Purwakarta telah dicopot pada Jumat (10/5/2019).

Penurunan baliho besar yang berada di sejumlah lokasi di Purwakarta dilakukan oleh Bawaslu bersama Satpol PP Purwakarta.

Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Bawaslu Purwakarta, Ujang Abidin saat dikonfirmasi melalui telepon.

Setidaknya ada tiga baliho serupa yang terpasang yaitu di Pertigaan Pasar Rebo, Jalan Kapten Halim, Nagrikaler dan Jalan Raya Cibogo, Plered, Purwakarta.

"Hari ini kami menertibkan baliho yang terpasang di Pasar Rebo dan dua baliho di Plered. Baliho itu terkait ucapan selamat atas kemenangan salah satu capres dan cawapres," kata Ujang.

Ia menjelaskan bahwa keberadaan baliho kemenangan tersebut telah menyalahi aturan pemilu yang berlaku.

Ketentuan mengenai deklarasi kemenangan itu diatur dalam Surat Edaran Bawaslu RI No: S-0904/K.BAWASLU/PM.00.00/4/ 2019 perihal Ketentuan Penetapan dan Deklarasi Hasil Pemilu.

Pada surat itu disebutkan bahwa peserta pemilu dilarang untuk melakukan deklarasi, perayaan, dan pemasangan alat peraga yang mengandung materi kemenangan sebelum adanya penetapan secara resmi berdasarkan peraturan perundang-undangan.

"Karena sudah ada aturannya terkait deklarasi kemenangan, karena penetapan capres dan cawapres di KPU nasional dan belum ditetapkan jadi baliho semacam itu tidak boleh ada dulu," ucapnya.

Ujang menampik bahwa menurunkan baliho ucapan selamat atas kemenangan Prabowo-Sandi dari masyarakat Purwakarta itu dilakukan sepihak.

Halaman
12
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved