Ignasius Jonan Pastikan Ketersediaan BBM di Jalur Tol Aman Selama Lebaran 2019

Menurut Jonan, jumlah SPBU di jalur tol, termasuk Trans Jawa sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan

Ignasius Jonan Pastikan Ketersediaan BBM di Jalur Tol Aman Selama Lebaran 2019
TribunnewsBogor.com/Damanhuri
PT Pertamina pastikan pasokan BBM ke wilayah Bogor saat 4 November nanti aman. 

 TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan meninjau Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) KM 519B Jalan Tol Trans Jawa ruas Solo-Ngawi, Sabtu (11/5/2019).

Dalam tinjauannya itu, Jonan didampingi Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Direktur Pemasaran Pertamina Mas'ud Khamid.

Dalam kesempatan itu, Jonan memastikan ketersediaan pasokan bahan bakar minyak (BBM) selama arus mudik dan balik Lebaran 2019 di jalur tol.

"Sejauh ini menurut saya ketersediaan pasokan BBM sudah maksimal," kata Jonan.

Menurut Jonan, jumlah SPBU di jalur tol, termasuk Trans Jawa sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pengguna jalan.

Meski demikian, Jonan menyarankan masyarakat yang menggunakan jalan tol agar mengisi minimal tiga per empat dari ukuran tangki BBM-nya saat keberangkatan.

"Masyarakat yang mudik menggunakan jalan tol waktu berangkat paling kurang diisi kalau tidak mau penuh minimal tiga per empat. Jangan diisi separuh, begitu. Baliknya juga," terangnya.

Direktur Pemasaran Pertamina Mas'ud Khamid menambahkan, Pertamina menyiapkan 15 juta liter BBM untuk memenuhi kebutuhan pemudik yang melewati Jalan Tol Trans Jawa dari Jakarta hingga Surabaya.

Selain itu, pihaknya menyediakan 112 titik layanan BBM di sepanjang jalur tol, baik dengan adanya SPBU reguler maupun SPBU moduler.

Titik layanan itu terdiri dari 54 SPBU, 25 mobile dispenser (mobil tangki yang dilengkapi flowmeter) dan 43 kios Pertamina siaga.

Selain itu, pelayanan juga ditambah dengan 50 unit motorist BBM (motor pengantar BBM) dan jaminan stok BBM di SPBU diperkuat dengan adanya 19 titik kantung BBM.

"Dengan adanya titik pelayanan BBM dapat memberikan rasa tenang dan aman kepada para pemudik yang melewati jalan tol," katanya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jonan Pastikan Ketersediaan BBM di Jalur Tol Aman Selama Lebaran"

Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved