Cegah Penyebaran Penyakit Cacar Monyet, Pakar IPB Minta Pemerintah Susun Kebijakan

Imbauan ini disampaikan karena virus yang berasal dari Afrika bagian barat itu saat ini sudah terdeteksi masuk ke negara Singapura.

Cegah Penyebaran Penyakit Cacar Monyet, Pakar IPB Minta Pemerintah Susun Kebijakan
Laman resmi WHO/CDC Public Health Image Library
Gambar orang yang terkena Monkeypox atau cacar monyet 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Dekan Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Institut Pertanian Bogor Srihadi Agungpriyono menilai pemerintah perlu membuat kebijakan tentang tindakan preventif terkait masuknya hewan-hewan ke Indonesia, terutama dari negara endemik monkeypox.

Srihadi menuturkan bahwa komunikasi, informasi dan edukasi terhadap masyarakat juga harus segera disusun untuk meredam keresahan dan kekhawatiran masyarakat terhadap penyakit cacar monyet tersebut.

"Perlu ada koordinasi antara bidang kesehatan, kesehatan hewan, satwa liar, dan instansi terkait untuk segera membuat serta mengambil langkah-langkah tindakan preventif termasuk kesiapsiagaan darurat atau emergency preparedness terkait masuknya virus monkeypox ke Indonesia,” ucap Srihadi, di Kampus IPB, Kamis (16/5/2019).

Srihadi menambahkan, penularan monkeypox diduga juga bisa melalui aerosol atau kontak dekat dengan hewan terinfeksi.

Penularan dari hewan ke manusia bisa melalui kontak langsung dengan lesio (kulit), darah, dan cairan (eksudat) hewan terinfeksi serta konsumsi daging hewan liar yang dikenal dengan istilah bush meat.

Meski begitu, sambung Srihadi, para pakar di FKH IPB sepakat agar masyarakat tidak perlu khawatir berlebihan dan tetap memperhatikan imbauan dan saran yang disampaikan oleh pemerintah melalui instansi terkait.

"Penyakit monkeypox belum pernah dilaporkan di Indonesia baik pada hewan maupun manusia. Sehingga penyakit ini dalam istilah kesehatan hewan dikategorikan eksotik,” tuturnya.

 Sebelumnya, Menteri Kesehatan Nila Farid Moeloek meminta masyarakat untuk waspada terhadap penyebaran virus cacar monyet.

Imbauan ini disampaikan karena virus yang berasal dari Afrika bagian barat itu saat ini sudah terdeteksi masuk ke negara Singapura.

Kemenkes telah mempertebal pintu masuk ke Indonesia.

Pemantauan itu mulai dari yang paling dekat Singapura seperti Batam, hingga bandar udara yang memiliki rute penerbangan dari Singapura.

"Kami khawatir karena pintu masuknya banyak. Maka itu pintu masuk utama dari Singapura yaitu Pelabuhan Batam, kami perkuat. Juga semua pelabuhan kan kita punya kantor kesehatan. Kami perkuat di karantinanya," ujar Nila.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cegah Penyebaran Cacar Monyet, Pakar IPB Minta Pemerintah Susun Kebijakan"

Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved