Teroris di Bogor

Polisi Sebut Terduga Teroris Pak Jenggot di Bogor Berasal dari Kelompok Pecahan JAD

Dedi Prasetyo menambahkan Pak Jenggot termasuk kelompok Virgi Abu Hamzah yang terbilang terstruktur dan militan.

Polisi Sebut Terduga Teroris Pak Jenggot di Bogor Berasal dari Kelompok Pecahan JAD
TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne
Karopemnas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo di lokasi penangkapan Pak Jenggot 

Laporan Wartawan Tribunnewsbogor.com, Yudiatira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Karopemnas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo mengatakan terduga teroris Pak Jenggot yang ditangkap Densus 88 bukan berasal dari jaringan JAD

"Bahwa kelompok yang terungkap ini tentu berbeda dengan JAD Bekasi, JAD Lampung, JAD Jawa Tengah. Kelompok ini pecahan JAD tapi terbilang lebih militan," ucapnya.

Dedi Prasetyo menambahkan Pak Jenggot termasuk kelompok Virgi Abu Hamzah yang terbilang terstruktur dan militan.

"Kelompok ini jaringan terorisme yang terstruktur lebih dikenal namanya dengan Virgi Abu Hamzah. Pengikutnya Abu Hamzah, Abu Hamzah sendiri masih ada di Syiria dan kelompok ini memiliki rekam jejak aksi terorisme dengan cash yang terjadi, yang pertama ia melakuan serangan terorisme dengam sasaran adalah Mapolres Surakarta. Dan kelompok ini juga melakukan aksi-aksi di Indonesia, termasuk jejaringnya mereka adalah mujahidin Indonesia Timur kelompok Santoso yang ada di Poso. Kelompok ini terkoneksi kesana," jelasnya.

Penangkapan Pak Jenggot berawal dari pengembangan kasus terorisme yang melibatkan TH pada 13 April 2019 lalu.

"Dari hasil pengembangan tersangka E alias Pak Jeggot ini bermula dari pengembangan penangkapan satu orang tersangka terorisme atas nama TH ditangkap pada 13 April 2019 di Pemalang Jawa Tengah. Dari pengembangan TH bahwa masih ada kelompok virgi abu hamzah ini yang ada di sekitar Bogor dan sekitarnnya. Oleh karena itu Densus berdasarkan hasil pemeriksaan tersebut, melakukan penangkapan E dan pak Jenggot," ucapnya.

barang bukti yang didapat dari terduga teroris Pak Jenggot di Bogor
barang bukti yang didapat dari terduga teroris Pak Jenggot di Bogor (TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne)

Adapun barang bukti yang berjasil diamankan oleh tim Densus 88 anti teror antara lain bahan peledak lengkap beserta buku panduannya.

"Barang bukti enam buah bom dari bahan yang sudah jadi. Ada satu buah buku catatan tentang bagaimana merakit bom. Kemudian berbagai jenis senjata tajam, kemudian ada air softgun. Ada pula bahan-bahan pembuat bom ada nitrogen, urea, sulvur, aseton, h2so4, h2o2, Hno3, almunium, bci oottasium offoil, tiner, gelas kimia, dektonator," paparnya.

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved