Ramadhan 2019

Tanya Pak Ustaz : Kapan Malam Lailatul Qadar ? Ini Ciri-ciri Kedatangannya

staz Jejen Syufrillah mengatakan bahwa malam Lailatul Qadar terjadi pada malam ganjil di akhir Ramadan.

Tanya Pak Ustaz : Kapan Malam Lailatul Qadar ? Ini Ciri-ciri Kedatangannya
TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne
Ustaz Jejen Syufrillah, salah satu pengurus di Pesantren Al Quran Nurul Furqon 

Laporan Wartawan Tribunnewsbogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Kaum muslimin saat ini tengah menunggu datangnya malam Lailatul Qadar di bulan Ramadhan 1440 H

Seperti yang diketahui, malam Lailatul Qadar merupakan malam seribu bulan.

Pada malam Lailatul Qadar tersebut banyak keberkahan yang berada di dalamnya.

Pengurus di Pesantren Al Quran Nurul Furqon yang berada di Perum BCE Sukahati Combining, Kabupaten Bogor, Ustaz Jejen Syufrillah mengatakan bahwa malam Lailatul Qadar terjadi pada malam ganjil di akhir Ramadan.

"Memang ini banyak pendapat. Tapi, kebanyakan ulama menilai bahwa Lailatul Qodr itu ada yang mengatakan malam ke-21, 23, 25, 27 dan malam 29. Pada intinya malam-malam ganjil. Walaupun sebagian berpendapat bahwa Lailatul Qadar itu dari hari pertama Ramadan. Siapapun yang dapat mengintip ibadah dari malam pertama hingga akhir mungkin itulah orang-orang yang bisa mendapatkan Lailatul Qadar," ujarnya kepada Tribunnewsbogor.com, Selasa (21/5/2019).

Ia pun menjelaskan bahwa ada beberapa ciri yang dapat dirasakan pada malam tersebut diantaranya adalah angin yang berhembus sepoi-sepoi namun tetap tenang.

"Kalau ciri-ciri sebagian berpendapat bahwa cuaca itu redup dan angin berhembus sepoi-sepoi. Walaupun ada yang bilang turun sedikit rintik-rintik hujan. Tapi itu wallahualam. Yang jelas dari berbagai pendapat itu Lailatul Qadar terjadi di malam ganjil dari malam 21 hingga seterusnya," jelasnya.

Selain itu, Ustaz Jejen mengatakan bahwa hal yang paling dianjurkan ketika memasuki malam terakhir di bulan Ramadan adalah dengan cara beritikaf dan memperbanyak membaca Al Quran serta lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT.

"Bahwa Rasulallah SAW di malam akhir ramadhan itu beliau memperbanyak baca Al Quran," pungkasnya.(*)

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved