Mengintip Pabrik Pembuatan Mesin Pembakar Sampah Di Bogor, Pernah Dipesan Oleh BPOM dan BNN

TribunnewsBogor.com bekesempatan mengunjungi pabrik tersebut terlihat ada berbagai macam mesin yang dibuat di PD Karya Mitra Usaha.

Mengintip Pabrik Pembuatan Mesin Pembakar Sampah Di Bogor, Pernah Dipesan Oleh BPOM dan BNN
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Mesin Pembakar Sampah 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR BARAT - Sebuah perusahaan Industri Kecil Menengah di Kota Bogor PD Karya Mitra Usaha memproduksi berbagai alat dan mesin pertanian serta mesin perkakas lainnya.

Industri pabrik pembuatan alat dan mesin yang berada di kawasan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor tepatnya di seprang terminal Transpakuan itu rupanya sudah pernah dipesan oleh berbagai instansi.

Saat TribunnewsBogor.com bekesempatan mengunjungi pabrik tersebut terlihat ada berbagai macam mesin yang dibuat di PD Karya Mitra Usaha.

Satu diantaranya yang menarik adalah mesin pembakar sampah.

Sales Manager PD Karya Mitra Usaha, Ronald Hutahaean mengatakan bahwa Incinerator atau mesin pembakar sampah yang doproduksi diantaranya adalah sampah Organik dan Non Organik.

Selain itu juga Incinerator itu pun bisa membakar sampah Domestik, medis dan industri.

Bahkan pabrik yang sudah berdiri sejak tahun 2002 ini pernah membuat mesin Incinerator yang dipesan oleh Badan Narkotika Nasional (BNN) dan BPOM.

"Iya sejak dua tahun lalu kita oernah mengerjakan mesin ini untuk BPOM dan BNN, dan sekarang kita sedang membuat 10 mesin untuk BPOM, jadi kalau BPOM ini pesan Incinerator mobile, jadi misalkan sidak atau menemukan barang yang berbahaya atau kadaluarsa bisa langsung dihancurkan di alat yang mobile ini, kalau BNN dia untuk membakar seperti sabu dan narkotika lainnya," katanya Selasa (21/5/2019).

Ronald menjelaskan bahwa cara kejar mesin ini adalah pertama sampah dimasukan melalui pintu depan kemudian dibakar di chamber pertama (temperatur ruang bakar) kemudian masuk ke chamber kedua selanjutnya masuk ke sistem pengumpanan limbah setelah itu debunya ditangkap dan disaring kemudian di scrubber menggunakan water scrubber air pollution control.

" Iya setelah itu nantinya udara yang keluar yang dihasilkan itu udara atau asap yang sudah bersih, dari hasil uji emisi itu sudah memenuhi Kep.03/Bapesal/9/1995/, nilai kalori samoah minimum 6000 kka/kilogram dan moisture maksimum 11-15 persen rH," katanya.

Beberapa mesin incineratornyang diproduksi diantaranya adalah Incinerator mesin pembakar sampah single burner, Incinerator mesin pembakar sampah tanoa burner, Incinerator mesin oembakar sampah mobile.

"Kalau mobile itu nanti Incineratirnya dimasukan ke dalam mobil kita pasang di dalam mobil ukuran elf gitu," ujarnya.

Kantor PD Karya Mitra Usaha berada di Jalan Ring Road Utara, Taman Yasmin Sektor VI.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved