Pilpres 2019

Peran 257 Terduga Provokator yang Diamankan, Rusak Fasilitas Negara hingga Serang Asrama Polisi

ombes Argo Yuwono menyampaikan, polisi mengamankan 257 terduga provokator dalam kerusuhan di sejumlah lokasi di Jakarta.

Peran 257 Terduga Provokator yang Diamankan, Rusak Fasilitas Negara hingga Serang Asrama Polisi
Kompas.com
Polda Metro Jaya mengamankan 257 tersangka yang diduga provokator dalam kerusuhan di tiga tempat kejadian perkara (TKP) di Jakarta. (KOMPAS.COM/ RINDI NURIS VELAROSDELA) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menyampaikan, polisi mengamankan 257 terduga provokator dalam kerusuhan di sejumlah lokasi di Jakarta.

Menurut dia, sebanyak 72 orang di antaranya diamankan karena menyerang polisi dan merusak fasilitas umum saat demo di Gedung Bawaslu.

"Kenapa dilakukan penangkapan (tersangka terduga provokator di depan Gedung Bawaslu RI) karena melawan petugas yang sedang bertugas dan melakukan pengrusakan untuk masuk ke dalam Gedung Bawaslu," kata Argo Yuwono di Polda Metro Jaya, Rabu (22/5/2019).

Sementara itu, 156 terduga provokator diamankan dari aksi di Petamburan karena membakar mobil polisi dan merusak fasilitas negara.

Kemudian, 29 tersangka lainnya diamankan di Gambir karena diduga menyerang asrama polisi dan Polsek Gambir.

"Jumlah (orang yang ditangkap) masih bisa bertambah," ucap Argo Yuwono.

Barang bukti yang diamankan diantaranya bom molotov, senjata tajam berupa parang dan belati, uang tunai senilai Rp 5 juta, batu, dan telepon genggam.

Argo Yuwono menduga, kericuhan dalam aksi unjuk rasa ini sudah direncanakan.

Provokator berasal dari luar Jakarta.

Aparat kepolisian juga selalu berjaga di objek vital seperti gedung KPU, Bawaslu, dan pusat keramaian untuk mengamankan situasi.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "257 Terduga Provokator Diamankan, Ini Perannya..."

Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved