Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI Susun Program Riset 2020 - 2024

Penyusunan program riset tersebut sudah menjadi tanggungjawab untuk penajaman dan penguatan kompetensi

Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI Susun Program Riset 2020 - 2024
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya R Hendrian 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI mengadakaan Workshop penyusun program riset untuk 2020 - 2024.

Penyusunan program riset tersebut sudah menjadi tanggungjawab untuk penajaman dan penguatan kompetensi di bidang penelitian konservasi tumbuhan menjadi suatu keharusan.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya R Hendrian mengatakan bahwa Program tersebut menjadi paradigma baru.

Karena dalam penyusunannya dibuat secara bersama-sama yang dihadiri oleh Kepala LIPI Laksana Tri Handoko, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Hayati LIPI Prof Enny Sudarmonowati, dan dua kepala Kebun Raya terdahulu Prof Dedy Darnaedi dan Dr Irawati serta seluruh peneliti Kebun Raya Bogor dan Kebun Raya Cibodas dan perwakilan peneliti dari Kebun Raya Purwodadi dan Kebun Raya Eka Karya Bali.

"Dengan begitu, dokumen yang dilahirkan tak hanya bersifat kompilasi dari masing-masing kebun raya tetapi merupakan program yang terintegrasi," katanya.

Hendrian mengatakan bahwa lima tusi (tugas dan fungsi) yang ada, yakni konservasi, penelitian, pendidikan lingkungan, jasa lingkungan dan wisata menjadi satu tusi penelitian dengan kebun raya tidak bisa dipisahkan.

Ia juga menjelaskan bahwa pohon-pohon yang ada di kebun raya bukan sekedar untuk estetika pengunjung.

Namun itu juga menjadi koleksi rujukan yang mewakili kekayaan jenis tumbuhan Indonesia.

"Jadi kalau ada kekhawatiran beberapa orang bahwa penelitian akan tercerabut dari kebun raya mudah-mudahan ini menjadi jawabannya bahwa itu tidak benar," ujarnya di sela kegiatan penyusunan Program Riset di Gedung Konservasi lantai 3 Kebun Raya Bogor.

Halaman
12
Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved