Kata Pak Ustazd Soal

Tanya Pak Ustaz : Hukum Dan Manfaat Membayar Zakat

Setiap umat muslim yang mampu dan memiliki harta berlebih diwajibkan untuk membayar zakat.

Tanya Pak Ustaz : Hukum Dan Manfaat Membayar Zakat
Net
zakat fitrah 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TIMUR - Setiap umat muslim yang mampu dan memiliki harta berlebih diwajibkan untuk membayar zakat.

Wakil Ketua Bidang Pendayagunaan, Pendistribusian dan Pengumpulan Baznas Kota Bogor Rusli Saimun mengatakan ada beberapa jenis zakat, diantaranya asalah zakat penghasilan, zakat mal, dan zakat fitrah.

Ustadz Rusli juga menjelaskan bahwa zakat merupakan rukun Islam yang ketiga.

Oleh karena itu sudah sepatutnya umat muslim berkewajiban membayar zakat.

"Iya karena zakat merupakan rukun Islam yang ke tiga maka setiap muslim yang diberi rezeki berlebih oleh Allah maka dia harus berzakat, sama seperti setiap muslim yang sudah baligh dia harus melaksanakan shalat kalau dia tidak shalat maka akan mendapatkan dosa kena hukuman di akherat kan," katanya.

Sementara itu terkait tempat-tempat pembayaran zakat, Rusli mengimbau kepada masayarakat akan membayar zakat kepada badan amil zakat.

Wakil Ketua Bidang Pendayagunaan, Pendistribusian dan Pengumpulan Baznas Kota Bogor Rusli Saimun
Wakil Ketua Bidang Pendayagunaan, Pendistribusian dan Pengumpulan Baznas Kota Bogor Rusli Saimun (TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho)

"Saya ingin menyampaikan kepada masyarakat bahwa berzakatlah kepada lembaga resmi, lembaga resmi itu Baznas, Badan Amil Zakat Nasional yang dibentuk oleh undang-undang atau kelembaga amil zakat yang dibentuk undang undang, atau ke masjid masjid badan badan lembaga lembaga yang sudah punya unit pengumlul zakat atau UPZ karena itu resmi, UPZ itu dibentuk dan di sk kann oleh baznas diluar itu sebaiknya janngan," katanya.

Mengenai manfaat zakat Rusli menjelaskan bahwa zakat bermanfaat untuk pemberi zakat dan penerima zakat.

Pemberi zakat akan mendapat manfaat yaitu membersihkan harta yang di dapatnya.

"Manfaatnya untuk membersihkan harta kita mensucikan diri kita manfaatnya membantu kemiskinan membantu menanggulangi kemiskinan badan amil zakat nasional itu minimal punya tanggung jawab untuk mengentaskan kemiskinan sebesar 1 persen di setiap provinsi dan kota kabupaten, Mengangkat derajat fakir miskin dari derajat kemiskinannya paling tidak dia menjadi orang yang berkecukupan fakir miskin karena itu amaanaat dari rosul itu miskkin itu memmbuat kekufuran dengan dana zakaat dia bisa tidak kufur;" katanya

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved