Ramadhan 2019

Tanya Ustaz: Siapa yang Wajib Bayar Zakat Fitrah?

Zakat fitrah merupakan salah satu kewajiban yang harus ditunaikan oleh umat islam khususnya di bulan Ramadan.

Tanya Ustaz: Siapa yang Wajib Bayar Zakat Fitrah?
TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne
pengurus Masjid Jami Al Muawanah yang berlokasi di Pabuaran, Bojonggede, Kabupaten Bogor, Ustaz Ahmad Zayrobi 

Laporan Wartawan Tribunnewsbogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOJONGGEDE - Zakat fitrah merupakan salah satu kewajiban yang harus ditunaikan oleh umat islam khususnya di bulan Ramadan.

Namun ada beberapa kriteria yang tidak wajib untuk membayar zakat fitrah selain orang yang kurang beruntung.

Ustaz Ahmad Zayrobi, salah satu pengurus Masjid Jami Al Muawanah Pabuaran Bojonggede, Kabupaten Bogor mengatakan bahwa syarat seseorang yang wajib membayarkan zakat fitrah itu adalah orang yang mendapatkan Ramadan dan Syawal.

"Zakat fitrah hukumnya wajib bagi muslimin dengam syarat mendapatkan Ramadan dan syawal. Artinya Ramadannya dapat dan Syawalnya juga dapat. Kalau Ramadannya saja tapi Syawalnya tidak. Maka tidak wajib. Contohnya, orang Ramadan sehat dari tanggal 1 tetapi malam takbiran jam 17.00 WIB dia meninggal, kalau di kalender Hijriyah itu pergantian tanggal maghrib jadi setelah maghrib itu masuk syawal. Jadi salah satu membayar zakat fitrah itu apabila orang tersebut mendapatkan Ramadan dan Syawal," ujarnya kepada Tribunnewsbogor.com, Rabu (22/5/2019).

Ia pun menjelaskan bahwa zakat fitrah itu sudah bisa dilakukan sejak awal Ramadan.

"Zakat fitrah termasuk zakat yang diwajibkan tapi adanya di bulan Ramadan. Itu dilakukan mulai tanggal 1 Ramadan sudah boleh sampai nanti khotib salat Ied naik mimbar," jelasnya.

Ustaz Ahmad Zayrobi memaparkan bahwa orangtua juga wajib membayarkan zakat seorang bayi yang baru dilahirkan dengan persyaratan bayi tersebut lahir di Ramadan dan Syawal.

"Jadi bayi lahir pukul 17.00 WIB itu masuk Ramadan. Jadi ketika melewati pukul 18.00 WIB, bayi tersebut sudah merasakan syawal. Maka orangtua dari bayi tersebut wajib membayarkan zakat fitrah," ucapnya.

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved