Ramadhan 2019

Info Mudik : Ini Jalur Alternatif di Bantul Yogyakarta

Kedua jalur alternatif Yogyakarta-Wonosari, jalurnya lewat Yogyakarta - Pleret - Imogiri - Panggang - Playen - Wonosari.

Info Mudik : Ini Jalur Alternatif di Bantul Yogyakarta
Kompas Image/Mundri Winanto
Ilustrasi 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Yogyakarta, menyiapkan beberapa jalur alternatif bagi pemudik.

Jalan Bantul masih ditutup sehingga diharapkan melalui jalur lainnya.

Kepala Bidang Lalu Lintas Dishub Kabupaten Bantul, Agus Jaka Sunarya mengatakan, untuk arus mudik Lebaran tahun ini, Dishub telah menyediakan 3 jalur utama arus mudik, yakni dari Purworejo ke Klaten yang melalui Temon-Wates-Gamping Sleman Ringroad Utara-Yogyakarta-Klaten.

Jalur kedua adalah jalur Yogyakarta ke Bantul melalui Bantul-Sewon-Yogyakarta dan untuk jalur ketiga adalah jalur Bantul-Wonosari yang melintasi Yogyakarta-Piyungan-Patuk-Playen-Wonosari.

Untuk jalur alternatif ke DIY lewat Bantul ada 2, pertama jalur Kulon Progo-Yogyakarta lewat Toyan Wates-Panjatan - Brosot - Srandakan - Pandak - Parangtritis - Ringroad Yogyakarta.

Kedua jalur alternatif Yogyakarta-Wonosari, jalurnya lewat Yogyakarta - Pleret - Imogiri - Panggang - Playen - Wonosari.

"Kami menyiapkan jalur altrenatif agar tidak terjadi penumpukan kendaraan," katanya di kantor Dishub Bantul, Jumat (24/5/2019).

Jalan Bantul-Yogyakarta memang belum bisa dipergunakan secara maksimal karena jembatan Winongo belum selesai diperbaiki.

Karena itu pengendara diimbau melintas jalur alternatif untuk melintasi sungai Winongo.Kalau dari arah utara bisa lewat perempatan Madukismo ke selatan, atau dari ringroad bisa lurus ke selatan dan lewat jalan di sebelah utara Pasar Niten, terus nanti ke arah timur lalu ke selatan.

Dari pantauan, Penggunaan jalur alternatif itu terkadang membuat antrean panjang kendaraan.

Seperti di simpang empat Kali Putih, Dusun Jogoripon, Desa Bangunharjo, Kecamatan Sewon, yang ruas jalannya terbilang sempit.

Sejumlah "Pak Ogah" tengah mengatur arus lalu lintas agar tidak terjadi antrean panjang kendaraan.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Aris Suhariyanta mengakui, penutupan jalur utama Yogyakarta-Bantul karena adanya perbaikan jembatan.

"Penutupan Jembatan Winongo memang mengharuskan pengendara lewat jalur-jalur alternatif," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Siap-siap Mudik, Ini Jalur Alternatif di Bantul Yogyakarta"

Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved