Liga 1 2019

Wacana PSSI Gunakan VAR di Liga 1 2019, Ini Kata Rahmad Darmawan

kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air itu akan dibalut dengan sentuhan teknologi canggih bernama Video Assistant Referee (VAR).

Wacana PSSI Gunakan VAR di Liga 1 2019, Ini Kata Rahmad Darmawan
HERKA YANIS PANGARIBOWO/BOLASPORT.COM
Pelatih Sriwijaya FC, Rahmad Darmawan, memegang bola pada laga pembuka Piala Presiden 2018 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api Bandung, Selasa (16/1/2018). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Kompetisi Liga 1 2019 bakal memasuki sejarah baru dalam perjalanannya.

Kompetisi kasta tertinggi di Tanah Air itu akan dibalut dengan sentuhan teknologi canggih bernama Video Assistant Referees ( VAR).

Keputusan menggunakan VAR itu telah disepakati dalam rapat Komite Eksekuitf PSSI akhir pekan lalu.

Menyikapi hal tersebut, pelatih PS Tira Persikabo, Rahmad Darmawan menyambut positif serta mendukung penuh terkait wacana penggunaan VAR.

Menurutnya, dengan adanya VAR dapat membantu wasit dalam memutuskan hal-hal krusial yang sering diperdebatkan saat pertandingan berlangsung.

"Saya mendukung terkait adanya VAR. Paling tidak itu dapat membantu mengevaluasi wasit dan ini bukan hal yang tabu dan ini sangat bagus. Saya melihat beberapa klub hilang kepercayaan, kadang wasit benar bisa jadi salah. Dengan adanya VAR ini sangat bagus dan patut untuk dikedepankan. Semoga dengan adanya VAR dapat menjawab krisis kepercayaan terhadap wasit," ujarnya saat konferensi pers di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Selasa (28/5/2019).

Nantinya, VAR bakal terlibat dalam keputusan-keputusan besar seperti penalti, kartu merah dan gol.

Selain itu, PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB) akan bergerak dengan menyiapkan regulasi terkait penggunaan VAR disetiap pertandingan.

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved