Info Mudik 2019

Tips Mudik, Perhatikan Posisi Saat Saat Tidur, Lebih Sehat Rebahan

Saat tubuh lelah dan mengantuk pastikan berhenti sejenak untuk beristirahat meregangkan kaki atau pun tidur sebentar.

Tips Mudik, Perhatikan Posisi Saat Saat Tidur, Lebih Sehat Rebahan
KOMPAS.com / KRISTIANTO PURNOMO
Kepadatan arus balik kendaraan mudik lebaran terlihat di Tol Cipularang-Palimanan menuju Jakarta, Jumat (30/6/2017). Kepadatan volume kendaraan terlihat di ruas jalan tol km 86 hingga km 138. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM  - Tidur yang cukup sangat membantu saat melakukan perjalanan mudik, khususnya bagi yang mudik menggunakan kendaraan pribadi.

Saat tubuh lelah dan mengantuk pastikan berhenti sejenak untuk beristirahat meregangkan kaki atau pun tidur sebentar.

Spesialis penyakit dalam Dr. T. Djumhana Sp.PD, mengingatkan agar tidurnya berkualitas posisinya harus benar-benar rebahan.

Kalau tidur dalam posisi duduk tubuh tidak benar-benar dalam keadaan relaks dan sistem kerja otot untuk aliran darah juga lebih meningkat dalam posisi duduk.

“Kalau tidur ya posisinya tidur kalau duduk kan melawan gravitasi, sehingga ototnya lebih diperlukan untuk naikan darah, kalau tidur datar tidak perlu lawan gravitasi,” papar dr. Djum saat ditemui Tribunnews.com beberapa waktu lalu.

Tidur yang berkualitas dengan sistem sirkulasi darah yang baik akan membantu tubuh kembali ke posisi normal sehingga saat bangun tidur tubuh lebih bugar.

“Yang penting kualitas tidurnya, karena saat tiduritulah sistem sirkulasi darah dikembalikan ke batas awal sebelum dia beraktivitas,” ungkap dr. Djum.

Kemudian saat tubuh memberikan signal ingin tidur jangan dilawan dengan kopi karena walau mata segar efek negatifnya tubuh jadi rentan terserang penyakit.

“Ngantuk kita lawan kopi emang seger tapi tanda dari tubuh yang minta kita istirahat gak dikuti, tubuh juga butuh waktu istirahat,” pungkas dr. Djum.

Editor: Yudhi Maulana Aditama
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved