Breaking News:

Pilpres 2019

Jelang Lebaran, KPU Dorong Prabowo-Sandi dan Jokowi-Maruf Rekonsiliasi

Ia mengatakan, rekonsiliasi harus dilakukan dengan tulus meskipun persoalan Pilpres tetap akan diselesaikan dengan jalur hukum.

Instagram Jokowi
Calon Presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Calon Presiden nomor urut 01 Jokowi 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Komisioner Komisi Pemilihan Umum ( KPU) Pramono Ubaid Tanthowi mengajak kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden 01 dan 02 Jokowi-Maruf dan Prabowo-Sandiaga dan para elite pendukung untuk rekonsiliasi jelang hari lebaran.

Ia mengatakan, rekonsiliasi harus dilakukan dengan tulus meskipun persoalan Pilpres tetap akan diselesaikan dengan jalur hukum.

"Jadi betul-berul merekonsiliasi yang tulus di samping persoalan politik yang tersisa itu harus diselesaikan melalui koridor hukum yang disediakan oleh UU," kata Pramono saat ditemui di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (31/5/2019).

Pramono mengatakan, apabila rekonsiliasi di tingkat elite berhasil dilakukan, maka hal itu itu akan berdampak baik bagi masyarakat.

"Jadi ini rekonsiliasi di tingkat masyarakat ini bisa dimulai jika ditingkat elitenya memberi contoh dulu," ujarnya.

Sementara itu, Ketua KPU Arief Budiman, mengatakan semua pihak harus menerima pemenang dari Pilpres dan Pileg 2019.

Ia mengajak semua pihak untuk saling menjaga calon-calon yang terpilih dari Pemilu 2019 mulai dari presiden dan wakil presiden dan anggota legislatif.

"Suka tidak suka, mereka yang akan memimpin kita untuk lima tahun ke depan baik di eksekutif, di legislatif, di parlemen tingkat pusat, di provinsi, di kabupaten kota, mereka yang akan memimpin kita lima tahun ke depan. Ya mari kita sama-sama jaga supaya lima tahun ke depan cita-cita bangsa ini bisa dicapai," pungkasnya.

Penulis : Haryanti Puspa Sari

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jelang Lebaran, KPU Dorong Paslon 01 dan 02 Rekonsiliasi")

Editor: Yudhi Maulana Aditama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved