Mudik 2019

Tips Peregangan Otot Saat Dalam Perjalanan Mudik

Saat melakukan perjalanan mudik Lebaran tubuh akan mudah terasa pegal-pegal karena gerakan yang terbatas selama berjam-jam di kendaraan.

Tips Peregangan Otot Saat Dalam Perjalanan Mudik
dok. Garda Oto
Fokus saat menyetir dan menggunakan sabuk pengaman saat berkendara bisa menciptakan 'Peace of Mind' pada pengendara ketika berada di jalan. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -  Saat melakukan perjalanan mudik Lebaran tubuh akan mudah terasa pegal-pegal karena gerakan yang terbatas selama berjam-jam di kendaraan.

Dr. Angelica Anggunadi, Sp.KO, dokter spesialis kedokteran olahraga menjelaskan rasa pegal tersebut terjadi karena saat berada pada posisi yang cenderung statis, akan membuat aliran darah di tubuh khususnya pada bagian kaki menjadi kurang lancar dan membuat tubuh kita menjadi kaku.

Wanita pun memiliki resiko mengalami pegal-pegal dibanding laki-laki karena faktor hormon testosteron rendah.

Hormon testosteron ini  berperan dalam mendukung pembentukan massa otot. 

 

“Perempuan juga umumnya tidak memiliki kebiasaan untuk melakukan latihan kekuatan otot, jadi faktor budaya atau perilaku membuat perempuan memiliki kekuatan otot yang lebih rendah dibandingkan dengan laki-laki,” ungkap dr. Angelica melalui keterangan tertulisnya, Senin (3/6/2019).

Dr. Angelica pun memberikan tips untuk peregangan otot untuk mengantisipasi pegal-pegal saat di perjalanan mudik Lebaran.

1. Melakukan Pijatan

Tekanan pada pijatan akan merangsang sensor mekanik di otot yang membuat otot relaks, sehingga peredaran darah menjadi lebih lancar, dan otot pun menjadi lebih lentur.

2. Meregangkan Otot

Saat perjalanan mudik sebaiknya sediakan waktu untuk melakukan peregangan otot dengan gerkan-gerakan riangan setiap dua jam  misalnya dengan memanfaatkan rest area.

Bisa juga melakukan gerakan peregangan pada bagian leher, bahu, lengan, dan pinggang dapat dilakukan walaupun dalam posisi duduk di dalam kendaraan. 

Halaman
12
Editor: Damanhuri
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved