Info Mudik 2019

Tren Mudik Menggunakan Pesawat Menurun Tahun Ini

Menurut Sigit, berdasarkan data yang dihimpun sejak H-7 Lebaran hingga per Senin pukul 08.00 WIB, terdapat 9.733 layanan penerbangan.

Tren Mudik Menggunakan Pesawat Menurun Tahun Ini
Kompas.com
Foto udara kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati Gerbang Tol Cikampek Utama di malam hari di Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2019). Volume arus mudik dari arah Jakarta yang memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama menuju ke sejumlah wilayah di Jateng dan Jatim pada H-4 siang hari terpantau padat merayap.(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Ketua Harian Posko Nasional Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2019, Sigit Irfansyah mengungkapkan, tren pemudik yang menggunakan pesawat cenderung menurun dibanding tahun 2018.

"Biasanya kalau kita bicara jumlah penumpang angkutan udara trennya kan positif tahun lalu, sekarang drop, dari segi jumlah pesawat yang melayani dan juga jumlah orang yang diangkut," kata dia saat ditemui di Kementerian Perhubungan ( Kemenhub) Jakarta, Senin (3/6/2019).

Menurut Sigit, berdasarkan data yang dihimpun sejak H-7 Lebaran hingga per Senin pukul 08.00 WIB, terdapat 9.733 layanan penerbangan.

Adapun jumlah pemudik yang terbang menggunakan pesawat sekitar 1.233.518 juta orang.

Data itu dihimpun dari 36 bandar udara di Indonesia.

"Ini kumulatif ya. Jadi turunnya sekitar 30 persen, ya. Kan 2018 ada 13.921 flight, sekarang 9.733 flight. itu dibanding dengan tahun lalu. Jadi turunnya sekitar 30 persen, ya. Penumpangnya juga sama, yang tahun lalu angka 1,7 juta lebih, sekarang 1,2 juta," ujar Sigit.

"Jadi maskapai selain menurunkan jumlah armadanya, penumpangnya juga drop, ini salah satu faktornya mungkin ya teman-teman tahu semua, tiket (pesawat) mahal," sambungnya.

Selain itu, ia memperkirakan tren yang menurun dikarenakan para pemudik yang terbiasa menggunakan pesawat beralih lewat jalur darat.

Salah satunya dengan adanya berbagai ruas tol baru yang dibangun pemerintah.

"Kan ada jalan tol, yang menurun signifikan penerbangan pendek kebanyakan, Jakarta-Semarang, Semarang-Solo, Jakarta-Lampung, misalnya," katanya.

Penulis : Dylan Aprialdo Rachman

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenhub: Tren Mudik Menggunakan Pesawat Menurun Dibanding Tahun 2018")

Editor: Yudhi Maulana Aditama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved