Breaking News:

Terbangkan Balon Ke Udara Secara Liar, Siap-siap Berhadapan Dengan Hukum

Pelarangan ini menanggapi temuan balon udara di ketinggian penerbangan pesawat oleh 28 pilot di atas Pulau Jawa pada Rabu (5/6/2019) kemarin.

KOMPAS.com/Sudarmanto
Kapolres Ponorogo, AKBP Radiant menunjukkan 30 balon udara yang disita dalam operasi gabungan pada lebaran ketiga, Minggu ( 17/6/2018) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Kementrian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau kepada masyarakat untuk tidak menerbangkan balon ke udara secara liar.

Pelarangan ini menanggapi temuan balon udara di ketinggian penerbangan pesawat oleh 28 pilot di atas Pulau Jawa pada Rabu (5/6/2019) kemarin.

"Kami imbau sekali lagi masyarakat untuk tidak menerbangkan balon liar, kalau tidak mau berhadapan dengan hukum. Mari lakukan budaya dengan tidak membahayakan keselamatan pihak lain," kata Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementrian Perhubungan Polana B Pramesti dalam siaran pers, Kamis (6/6/2019).

Dia menjelaskan bahwa pemerintah telah mengatur ketentuan penerbangan balon udara dalam PM No 40 tahun 2018 tentang Penggunaan Balon Udara Pada Kegiatan Budaya Masyarakat.

Dalam PM tersebut, balon udara tradisional boleh diterbangkan dengan ketentuan ditambatkan dengan tali maksimum 125 meter dari tanah, ukuran balon maksimum diameter 4 meter dan tinggi 7 meter.

Selain itu, kata Polana, setiap kegiatan penerbangan balon harus meminta izin kepada otoritas bandara dan pemerintah daerah.

"Kalau masih ada yang menerbangkan secara liar, maka penegakan hukum akan berjalan. Sebab sesuai UU no 1 yahun 2009, itu ada sanksi pidananya. Dan kami bersama aparat penegak hukum akan menindak tegas,” kata Polana.

Polana menambahkan, di atas Pulau Jawa terdapat banyak jalur penerbangan, salah satunya W45 yang merupakan satu dari lima rute tersibuk di dunia.

Di sana, lanjut dia, banyak sekali pesawat yang melintas baik domestik maupun internasional, sehingga sangat bahaya jika sampai bertabrakan dengan balon udara.

"TNI dan Polri di lapangan terus bekerja dan sudah banyak barang bukti (balon udara) diamankan,” pungkasnya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kemenhub Imbau Masyarakat Tak Terbangkan Balon Udara Liar" 

Editor: Naufal Fauzy
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved