Idul Fitri 2019

Soal Macet di Tol Cikampek saat Arus Balik, Ini Tanggapan Menhub

Budi mengatakan, pihaknya sudah memprediksi penumpukan kendaraan akan terjadi pada Minggu kemarin

Soal Macet di Tol Cikampek saat Arus Balik, Ini Tanggapan Menhub
Kompas.com
Foto udara kendaraan pemudik dari arah Jakarta melewati Gerbang Tol Cikampek Utama di malam hari di Cikampek, Jawa Barat, Sabtu (1/6/2019). Volume arus mudik dari arah Jakarta yang memasuki Gerbang Tol Cikampek Utama menuju ke sejumlah wilayah di Jateng dan Jatim pada H-4 siang hari terpantau padat merayap.(KOMPAS.com/GARRY LOTULUNG) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengomentari kemacetan di ruas tol Jakarta-Cikampek saat arus balik Lebaran 2019, Minggu (9/6/2019).

Budi mengaku sudah mengimbau para pemudik agar tidak kembali pada tanggal 9 Juni.

"Saya memang menyarankan jangan tanggal 9. Saya menyarankan tanggal 9 itu pasti bermasalah. Saya sudah membayangkan," ujar Budi di lingkungan Kementerian Perhubungan, Jakarta Pusat, Senin (10/6/2019).

Budi mengatakan, pihaknya sudah memprediksi penumpukan kendaraan akan terjadi pada Minggu kemarin, karena pegawai akan mulai bekerja pada hari ini.

KPK Akan Umumkan Tersangka Kasus Korupsi Triliunan Rupiah

Ia membandingkan waktu untuk berangkat mudik jauh lebih lama dibanding ketika kembali. Andai sebagian pemudik kembali ke rumah sebelum tanggal 9 Juni, maka tidak terjadi penumpukan kendaraan.

"Bayangin, 7 (hari arus mudik) banding 3 (hari arus balik). Padahal kemarin itu hari-hari tertentu puncak. Tapi karena memang keharusan untuk kantor itulah yang diambil. Kalau umpamanya dari tanggal 6 sudah dicicil (kembali ke rumah), atau ada yang tanggal 7," katanya.

"Kalau tanggal 9 itu mereka pulang sama-sama. Satu hal yang perlu dicatet juga ya, kita pulang ke Semarang, sampai sekarang itu sudah 60 persen, kalau ke Jakarta itu semua ngumpul jadi 100 persen, 100 persen di satu hari yang sudah kita sampaikan di hari itu," tambah dia.

Jelang Sidang Perdana di MK, Tenda Kepolisian Masih Berada di Depan Kantor KPU Kota Bogor

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Macet di Tol Cikampek Saat Arus Balik, Ini Kata Menhub",
Penulis : Devina Halim
Editor : Sandro Gatra

Editor: khairunnisa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved