Ratusan Guru se-Jabodetabek dan Banten Belajar Mendongeng di Bogor

Ratusan guru dari wilayah Jabodetabek dan Banten mengikuti pelatihan mendongeng di Bogor.

Ratusan Guru se-Jabodetabek dan Banten Belajar Mendongeng di Bogor
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Ratusan guru yang mengikuti pelatihan mendongeng di Taman Ekspresi, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Rabu (12/6/2109). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Ratusan guru dari wilayah Jabodetabek dan Banten mengikuti pelatihan mendongeng di Bogor.

Ada sekitar 300 guru yang mengikuti pelatihan mendongeng di Taman Ekspresi, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Rabu (12/6/2109).

Latihan mendongeng itu diberikan oleh Kang Didin Pendekar Dongeng Indonesia asal Ciomas Bogor.

Kegiatan tersebut diadakan Kang Didin bekerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bogor.

"Ini Kang Didin laksanakan setiap tahun dan ini gratis kenapa gratis karena ini juga silaturrahmi Kang Didin bersama para guru, sasarannya para guru se-Jabodetabek tadi hadir dari Jakarta, Banten, Ciputat, Bekasi, Cikarang dan Bogor bahkan sukambumi ada," ujarnya.

Pelatihan tersebut diadakan untuk memberikan keterampilan guru saat mendongeng.

Karena menurut Kang Didin saat ini banyak guru yang kesulitan menyampaikan dongeng kepada muridnya.

Dalam pelatihan yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam lamanya, Kang Didin memberikan materi kepada para guru tentang bagaimana menyampaikan dongeng secara baik.

"Banyak guru bercerita dicuekin anaknya maka agar tidak dicuekin maka mereka harus dilatih harus bisa menghayati dongeng maka diberi pelatihan penghayatan, kedua diberi skill bagaimana mencari ide cerita dua menit menjadi satu jam apa rahasianya, improve, intinya lebih kepada kecakapan dalam menyampaikan," katanya.

Tak hanya itu dalam pelatihan tersebut ratusan guru diajak untuk merubah pola pikir bahwa mendongeng itu mudah meskipun saat ini perkembangan teknologi sudah semakin maju.

"Kang Didin ingin memberikan inspirasi kepada mereka mengubah mindset guru mendongeng susah dan sulit, Kang Didin ingin katakan mendongeng mudah dibandingkan membalikan telapak tangan buktinya kakek nenek kita bisa mendongeng tanpa seminar dan workshop. Mudahan dengan pelatihan ini bisa melahirkan para pendongeng yang hebat dari guru," tukas Kang Didin.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved