SMK Negeri 1 Cibinong Sediakan 4 Jalur PPDB 2019

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Cibinong sediakan 4 jalur untuk PPDB 2019.

SMK Negeri 1 Cibinong Sediakan 4 Jalur PPDB 2019
TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne
SMK Negeri 1 Cibinong 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wane

TRIBUNNEWSBOGOR.COM , CIBINONG - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Cibinong sediakan 4 jalur untuk PPDB 2019.

Salah satu staff Informasi PPDB SMK Negeri 1 Cibinong, Khosimudin, mengatakan bahwa siswa dapat melakukan pendaftaran melalui sistem online ataupun langsung datang ke sekolah.

Khosimudin menjelaskan bahwa pendaftaran sudah bisa dilakukan mulai tanggal 17 - 22 Juni 2019 dengan mekanisme 4 jalur pendaftaran.

Jalur pertama yakni Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM) dengan kuota 20 persen.

Jalur KETM disediakan bagi calon peserta didik yang kondisi keluarganya tidak mampu dalam hal finansial untuk menyekolahkan anaknya.

Kedua yaitu jalur NHUN dengan kuota 70 persen, jalur NHUN diperuntukkan bagi calon peserta didik yang memilih seleksi PPDB dengan menggunakan nilai hasil ujian nasional.

Ketiga jalur prestasi dengan kuota 5 persen, jalur ini diperuntukkan bagi calon peserta didik yang memiliki prestasi akademik atau nonakademik misalnya kejuaraan olahraga.

Serta jalur perpindahan orangtua dengan kuota 5 persen, jalur ini diperuntukkan kepada orangtua yang ditugaskan ke kota tertentu dengan melampirkan surat tugas guna anaknya dapat mendaftar di sekolah yang dituju.

"PPDB di SMK N 1 Cibinong bisa dilakukan melalui online di rumah dan juga bisa datang langsung ke sekolah. Pendaftaran dibuka mulai 17 hingga 22 Juni 2019. Lalu ada empat jalur pendaftaran. Pertama jalur KETM dengan kuota 20 persen. Kedua jalur NHUN berdasarkan hasil UN SMP dengan kuota 70 persen. Ketiga jalur prestasi, misal murid punya prestasi dibidang olahraga itu nanti harus melampirkan sertifikat. Jadi sertifikat itu nanti ada kriteria nilai tersendiri berdasarkan tingkat kabupaten, provinsi atau nasional dengan kuota 5 persen. Jalur perpindahan orang tua dengan kuota 5 persen," ujarnya kepada TribunnewsBogor.com, Kamis (13/6/2019).

Terkait passing grade yang diterapkan di SMK N 1 Cibinong itu bervariasi, tergantung kompetensi keahlian yang akan diambil.

SMK N 1 Cibinong menerapkan 10 kompetensi keahlian untuk para siswanya dengan passing grade yang berbeda satu sama lain.

"Pengalaman passing grade tahun lalu yaitu mulai dari 22 hingga 28. Nilai passing grade di sini berbeda. Di sini kita ada sepuluh kompetensi keahlian itu beda-beda nilai passing gradenya. Berdasarkan pengalaman tahun kemarin untuk jurusan Bisnis Produksi Properti sekitar 22. DPIB sekitar 26, TP itu 24, TKR itu 24, TKJ 26, RPL 26, MPM 27, TUI 24, RPM 24, Tijar 28," jelasnya.

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved