Sisi Positifi PPDB 2019, Zonasi Murni untuk Pemerataan Pendidikan

pemberlakuan sistem zonasi pada PPDB tahun 2019 tidak terlepas dari evaluasi pemerintah terhadap dunia pendidikan.

Sisi Positifi PPDB 2019, Zonasi Murni untuk Pemerataan Pendidikan
TribunnewsBogor.com/Nirjuniman Lafau
PPDB SMA 1 Cibinong 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Nirjun Lafau

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) dengan sistem zonasi kini memasuki tahun kedua di Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Cibinong, Kabupaten Bogor.

Humas SMAN 1 Cibinong, Lisda menyampaikan, pemberlakuan sistem zonasi ditujukan untuk menunjang program pemerintah.

" Sistem zonasi ada sisi baiknya, itu bisa merekrut siswa di sekitar sekolah, juga bisa mendukung program pemerintah untuk pemerataan kualitas pendidikan, artinya tidak berpusat pada satu atau dua sekolah saja," terang Lisda pada Jumat (14/06/2019).

Ia pun menambahkan, pemberlakuan sistem zonasi pada PPDB tahun 2019 tidak terlepas dari evaluasi pemerintah terhadap dunia pendidikan.

" Ada perbedaan antara sistem zonasi tahun lalu dengan tahun ini, pada dasarnya ini tidak terlepas juga dari evaluasi pemerintah ya. Jadi gini evaluasinya, sekolah itu kan terbagi ada yang sekolah unggulan dan ada yang tidak, pemerintah menginginkan ada pemerataan, jadi biar anak-anak berprestasi tidak hanya kumpul di satu sekolah unggulan saja, tapi juga tersebar di sekolah lain, sehingga tidak ada kesenjangan," jelas Lisda.

Lisda juga menyampaikan, tidak sedikit dari orang tua peserta didik yang kontra dengan pemberlakuan sistem zonasi.

"Ada juga orang tua yang mengeluh, mereka tidak setuju dengan sistem zonasi karena dianggap sangat membatasi anak-anak mereka untuk sekolah di sekolah favorit," ujar Lisda.

Menanggapi sistem PPDB, Lisda berharap para guru bisa maksimal dalam mengemban tugas.

" Apapun program dari Pemerintah, kita siap mendukung dan menjalankannya. Jadi tugas kami sebagai guru harus tetap memaksimalkan potensi peserta didik, tetap membina, dan berharap peserta didik bisa berprestasi juga," pungkas Lisda.

Penulis: Nirjuniman Lafau
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved