Karutan Gunungsindur Sebut Pengamanan Setya Novanto Tak Dibedakan Dengan Terpidana Teroris

Terpidana kasus korupsi Setya Novanto (Setnov) kini sudah mendekam di dalam Rutan Gunungsindur, Kabupaten Bogor

Karutan Gunungsindur Sebut Pengamanan Setya Novanto Tak Dibedakan Dengan Terpidana Teroris
Tribun Jabar
Kolase foto Setya Novanto dan Rutan Gunung Sindur/Tribun Jabar 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, GUNUNGSINDUR - Terpidana kasus korupsi Setya Novanto (Setnov) kini sudah mendekam di dalam Rutan Gunungsindur, Kabupaten Bogor setelah dipindahkan dari Lapas Sukamiskin, Bandung.

Diketahui, Rutan Gunungsindur merupakan rutan yang juga berdampingan dengan lapas yang disebut high risk (berisiko tinggi) serta mayoritas dihuni oleh terpidana teroris.

"Beliau ditempat di rutan blok A kamar nomor 14" kata Kepala Rutan Gunungsindur, Agus Salim saat dihubungi TribunnewsBogor.com, Senin (17/6/2019).

Ia mengatakan bahwa penempatan Setya Novanto di area Rutan dan dekat Lapas yang mayoritas dihuni terpidana terorisme ini adalah keputusan Kanwil Jabar.

Perkembangan selanjutnya, kata dia, masih ada yang dibahas namun pihak Rutan hanya bertugas menerima keputusan tersebut.

Meski begitu, pengaman super ketat diterapkan seperti tahanan terpidana teroris.

"Pengamanan super ketat di sini, semua tahanan sama, kita tidak membeda-bedakan," tegas Agus.

Diberitakan sebelumnya, Setnov dipindahkan ke Rutan Gunungsindur Bogor dari Lapas Sukamiskin karena telah melakukan pelanggaran berupa penyalahgunaan izin berobat dengan melakukan Plesiran hingga akhirnya foto tersebut tersebar di media sosial.

Kepala Kanwil Kementerian Hukum dan HAM Jawa Barat, Liberti Sitinjak juga meminta maaf atas kejadian ini.

Dia mengungkapkan bahwa staffnya lalai dalam bertugas sehingga Setnov terlihat keluar dari Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat.

"Saya selaku pimpinan mengucapkan mohon maaf yg sebesar-besarnya ke publik, ini murni keteledoran staff saya di lapangan," kata Liberti saat jumpa pers di Rutan Gunungsindur.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved