Situ Burung Bogor Ditumbuhi Tanaman Air Mengganggu, Aparat Desa Desak Peran Pemerintah

Terkhusus pengelola Situ dibawah PSDA Ciliwung Cisadane dan BBWS Ciliwung dan Cisadane, paling tidak mendukung kegiatan mereka.

Situ Burung Bogor Ditumbuhi Tanaman Air Mengganggu, Aparat Desa Desak Peran Pemerintah
TribunnewsBogor.com/Tsaniyah Faidah
Situ Burung, Kabupaten Bogor 

Laporan Wartawan Tribunnewsbogor.com, Tsaniyah Faidah

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, DRAMAGA - Kondisi Situ Burung di Desa Cikarawang, Kecamatan Dramaga, Kabupaten Bogor dipenuhi tumbuhan air sampai hampir menutupi permukaan.

Sekretaris Badan Permusyawaratan Desa Cikarawang, Mochamad Sony Gaus mengatakan, tumbuhan air selain teratai yang pertumbuhannya sangat cepat tersebut, bisa memberikan dampak negatif makhluk hidup di dalam situ.

Menurut Sony, tanaman yang terlalu banyak bisa mengurangi kadar oksigen sehingga mengganggu kesehatan dan keseimbangan ekosistem di perairan Situ Burung.

"Kita pernah diskusi dengan Himpunan Mahasiswa Perikanan (Himasper) IPB terkait hal ini," ujar Sony saat dihubungi Tribunnewsbogor.com, Senin 17/6/2019).

Ia melanjutkan, tanaman tersebut cepat tumbuh karena aliran air situ yang tidak lancar.

"Ada satu pintu air yang tidak berfungsi karena saluran air tertutup," jelas dia.

Oleh karenanya, Pemuda Peduli Situ Burung Desa Cikarawang berupaya untuk memangkas tanaman air yang dianggap mengganggu tersebut dengan menggunakan parang dan besi dari atas rakit.

Kendati demikian, menurut Sony, upaya tersebut belum cukup.

Pasalnya jika tidak dicabut hingga ke akar, tanaman bakal tumbuh terus dengan cepat.

"Karena itu akarnya dalem, kami kesulitan. Mestinya pihak pemerintah nurunin alat berat buat keruk tanaman hingga ke akar atau perbaikan irigasi outletnya," tandas Sony.

Ia berharap pemerintah mengetahui, memahami, dan peduli kondisi Situ Burung saat ini.

Terkhusus pengelola Situ dibawah PSDA Ciliwung Cisadane dan BBWS Ciliwung dan Cisadane, paling tidak mendukung kegiatan mereka.

"Sebenarnya ada satu PIC yang mengurus Situ Burung. Tapi satu orang nggak bakal bisa mengcover Situ yang luas," ungkap Sony.

Penulis: Tsaniyah Faidah
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved