Bupati Ade Yasin Pergoki Warga Membuang Sampah Sembarangan: Ancaman Hukumannya Denda Atau Penjara

Bupati Bogor, Ade Yasin mengaku sempat memergoki warga yang membuang sampah sembarangan hingga berkarung-karung.

Bupati Ade Yasin Pergoki Warga Membuang Sampah Sembarangan: Ancaman Hukumannya Denda Atau Penjara
TribunnewsBogor.com/Yudistira Wanne
tumpukkan sampah di Sungai Kalibaru, Bojonggede, Kabupaten Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Yudistira Wanne

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CITEUREUP - Bupati Bogor, Ade Yasin mengaku sempat memergoki warga yang membuang sampah sembarangan hingga berkarung-karung.

Ade Yasin yang sudah geram akan memberikan sanksi tegas kepada siapapun yang nekat membuang sampah disembarang tempat.

Bahkan, warga yang membuang sampah sembarangan harus siap menerima sanksi denda atau kurungan penjara jika kedapatan membuang sampah sembarangan di wilayah Kabupaten Bogor.

Menurut Ade Yasin, sanksi denda dan kurungan penjara ini tertuang dalam Peraturan Daerah No 9 tahun 2015 ini untuk memberikan efek jera kepada masyarakat yang masih nakal membuang sampah sembarangan.

"Kita mencoba memberikan efek jera kepada pelaku pembuang sampah liar dan malam tadi kita temukan pembuang sampah bahkan berkarung-karung. Ini harus ada efek jera. Kita terapkan Perda di Kabupaten Bogor no 9 tahun 2015 akan dikenakan ancaman hukuman yaitu denda dan kurungan. Ada penegakan hukum dan kita sudah mulai bergerak PNS dan Satpol PP sudah bergerak," ujarnya saat ditemui diacara Pertemuan Ilmiah Tahunan Riset Kebencanaan 2019 di INA- DRTG BNPB dan Universitas Pertahanan, Sentul, Selasa (18/6/2019).

Tak hanya itu, Ade Yasin pun telah menambah 62 armada truk sampah guna mengatasi problematika sampah liar yang dikeluhkan masyarakat

"Kita juga menambah armada sebanyak 62 truk sampah. Sebagai tambahan pengangkut sampah-sampah yang selama ini baru terangkut dari 2.700 ton per hari hanya terangkut 600 hingga 700 ton per hari," jelasnya.

Selain itu, Ade Yasin juga meminta antara Camat dan Lurah untuk terlibat melakukan pengawasan dengan cara memberikan imbauan dan teguran kepada pelaku pembuang sampah liar yang melakukan pelanggaran.

"Harus ada kerja sama antara Camat dan Lurah. Jadi mereka itu melakukam pengawasan. Pengawasan bagi pembuang sampah agar segera diimbau dan diberikan teguran kepada pelaku pembuang sampah liar, karena kita tidak mungkin melakukan penangkapan semua. Tapi ketika ditemui ya tentu harus ada efek jera, minimal sanksi teguran dan penerapan Perda," pungkasnya.

Penulis: Yudistira Wanne
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved