Protes PPDB Sistem Zonasi, Wali Murid di Surabaya Adang Mobil Dinas

Selain membentangkan spanduk protes, sebagian wali murid juga membawa putra dan putrinya yang gagal masuk sekolah negeri.

Protes PPDB Sistem Zonasi, Wali Murid di Surabaya Adang Mobil Dinas
Kompas.com
Pengunjuk rasa ibu-ibu rumah tangga hadang mobil dinas di depan gedung negara Grahadi Surabaya, Rabu (19/6/2019)(KOMPAS.com/ACHMAD FAIZAL) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Puluhan wali murid yang didominasi ibu rumah tangga menggelar aksi protes Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem zonasi di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Rabu (19/6/2019).

Mereka sempat melakukan pengadangan mobil dinas yang akan masuk ke area Gedung Negara Grahadi.

"Pak tolong hapus sistem zonasi. Sistem zonasi tidak adil," kata salah seorang pengunjuk rasa.

Tidak hanya mengadang mobil dinas, para pengunjuk rasa juga mendekati pintu gerbang gedung negara Grahadi dan berteriak agar Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menemui mereka.

"Tolong Ibu Khofifah ambil tindakan. Bagaimana ini, anak saya tidak bisa sekolah," terang Astuti salah satu pengunjuk rasa.

Sementara itu di area halaman Gedung Gegara Grahadi, gubernur dan rombongan sedang bersiap akan keluar untuk melalukan perjalanan dinas ke Mojokerto.

Karena diadang pengunjuk rasa, rombongan gubernur akhirnya memilih keluar dari gedung grahadi melalui pintu samping.

Massa pengunjuk rasa terus berdatangan jelang siang hari.

Selain membentangkan spanduk protes, sebagian wali murid juga membawa putra dan putrinya yang gagal masuk sekolah negeri.

Seorang ibu yang enggan disebut namanya mangaku sangat dirugikan dengan PPDB sistem zonasi.

"Anak saya nilainya rata-rata 9, belajarnya tekun tapi gagal masuk sekolah negeri hanya karena model zonasi yang ditetapakan berdasarkan google map," kata warga Jalan Krukah ini.

Dia meminta pemerintah mengembalikan sistem PPDB seperti semula.

"Bukan hanya saja yang dirugikan, tapi banyak yang dirugikan," terangnya.

Sesuai petunjuk teknis Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur, pendaftaran SMA Negeri dengan sistem PPDB 2019 jalur zonasi dibuka sejak Senin 17 hingga 20 Juni 2019. Hasilnya akan diumumkan 21 Juni 2019 mendatang.(*)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Protes PPDB Sistem Zonasi, Wali Murid Hadang Mobil Dinas di Depan Gedung Grahadi",

Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved