Kritik PPDB 2019, Ombudsman Sebut DKI dan Jabar Melanggar Permendikbud

Dia menjelaskan bahwa di dalam Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 sudah jelas disebutkan bahwa kuota untuk jalur zonasi 90%

Kritik PPDB 2019, Ombudsman Sebut DKI dan Jabar Melanggar Permendikbud
TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Antrean Pendaftar PPDB 2019 di SMK Negeri 1 Cibinong. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Ombudsman RI menilai bahwa ada ketidaksesuaian aturan pada pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2019.

Kepala Perwakilan Ombudsman RI Jakarta Raya, Teguh P Nugroho menuturkan bahwa semua itu terjadi di tingkat dasar hingga menengah atas yang telah berlangsung di Provinsi DKI Jakarta dan Jawa Barat.

"Beberapa daerah yang masuk ke dalam wilayah kerja Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya mengeluarkan aturan PPDB yang berbeda dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) No. 51 Tahun 2018 tentang PPDB," kata Teguh dalam keterangannya kepada TribunnewsBogor.com, Jumat (21/6/2019).

Dia menjelaskan bahwa di dalam Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 sudah jelas disebutkan bahwa kuota untuk jalur zonasi 90%, namun pada juknis PPDB DKI Jakarta disebutkan bahwa jalur zonasi 70%.

Lanjut dia, lain lagi dengan juknis PPDB Jawa Barat yang menyebutkan bahwa kuota jalur zonasi 90 %, namun dari total 90% tersebut terbagi lagi kedalam zonasi murni, jalur Keluarga Ekonomi Tidak Mampu (KETM) & Anak Berkebutuhan Khusus (ABK), dan jalur kombinasi antara jarak dengan nilai.

"Dari perbedaan aturan tersebut sudah terlihat bahwa DKI dan Jabar jelas melanggar Permendikbud No. 51 Tahun 2018," terang Teguh.

Selain itu, dalam hasil pemantauan Ombudsman RI, Teguh menjelaskan bahwa gangguan server terjadi saat input data PPDB 2019 di Jawa Barat hingga akhirnya antrean peserta pun membludak.

Hal itu, kata dia merupakan peristiwa berulang sejak PPDB 2018 lalu meskipun Ombudsman RI sudah memberi peringatan kepada Dinas Pendidikan Jawa Barat akan hal ini sebelumnya.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved