Breaking News:

Menari Sambil Bawa Pecut Di Lampu Merah, Penari Reog Ponorogo Ini Bisa Raup Rp 100 Ribu Per Hari

Dibalut pakaian khas serta make up seadanya, mereka dengan percaya diri menari sambil memecutkan cambuk yang beratnya hampir 1 kg.

TribunnewsBogor.com/Naufal Fauzy
Pengamen Tari Reog Ponorogo di lampu merah Simpang PDAM, Cibinong, Kabupaten Bogor. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Selama seharian, Aldian (16) dan Akbar (17) rela berpanas-panasan di kawasan lampu merah, Simpang PDAM, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor.

Saat lampu merah menyala, dua remaja asal Bojonggede ini bergantian menari di depan para pengendara yang tengah menunggu lampu hijau menyala.

Dibalut pakaian khas serta make up seadanya, mereka dengan percaya diri menari sambil memecutkan cambuk yang beratnya hampir 1 kg.

Cambuk itu dipecutkan beberapa kali dan suaranya juga cukup nyaring di telinga.

Kemudian dia mendekati para pengendara satu per satu sambil memberi isyarat salam dengan harapan diberi rupiah seikhlasnya.

Semua itu mereka lakukan setiap hari bahkan terkadang juga dilakukan hingga malam hari.

"Ini namanya seni tari Reog Ponorogo, kita setiap hari di sini," kata Akbar kepada TribunnewsBogor.com, Jumat (21/6/2019).

Akbar mengaku bahwa alat serta aksesoris yang dia gunakan saat mengamen tari Reog Ponorogo memang kurang lengkap seperti yang seharusnya.

Namun ia tetap berusaha menggunakan pakaian, cambuk, serta make up yang khas dengan modal sendiri meskipun tanpa topeng ganon seperti biasanya.

Selain itu, kata Akbar, pengamen Reog Ponorogo di kawasan Cibinong didominasi oleh anak muda belasan tahun yang belum menikah.

"Kita ngamen buat tambah-tambah aja sih, karena kita juga sekolah ambil paket. Kalau pendapatan gak tentu, kadang sepi kadang rame, sehari kadang bisa Rp 30 ribu, paling gede bisa Rp 100 ribu," ungkapnya.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved