Pilpres 2019

Polri Imbau Masyarakat Tak Lakukan Mobilisasi Massa ke Gedung MK Sebelum dan Pasca Vonis Putusan

Diketahui, vonis putusan sengketa Pilpres 2019 akan diumumkan oleh MK pada tanggal 28 Juni mendatang.

Polri Imbau Masyarakat Tak Lakukan Mobilisasi Massa ke Gedung MK Sebelum dan Pasca Vonis Putusan
KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA
Gedung Mahkamah Konstitusi 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Mabes Polri mengimbau masyarakat tak melakukan mobilisasi massa sebelum ataupun pasca vonis putusan sengketa Pilpres 2019 di Mahkamah Konstitusi (MK) dilakukan.

Diketahui, vonis putusan sengketa Pilpres 2019 akan diumumkan oleh MK pada tanggal 28 Juni mendatang.

Karopenmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo menyebut tahapan PHPU di MK telah dilaksanakan secara konstitusional, sehingga tak perlu ada mobilisasi massa.

"Mabes Polri sudah menghimbau untuk tidak melakukan mobilisasi massa pada tanggal 26 (Juni), 27, 28 maupun pasca pada tanggal 29. Bahwa seluruh tahapan PHPU di MK itu sudah dilakukan secara konstitusional," ujar Dedi, di Mabes Polri, Jl Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (24/6/2019).

Ia meminta masyarakat untuk melihat dan mengikuti perkembangan vonis putusan MK itu dari rumah melalui media massa, maupun televisi.

Mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu juga menegaskan area Gedung MK nantinya akan menjadi daerah yang steril dari masyarakat. Sehingga tidak diperbolehkan adanya aksi unjuk rasa di sekitar Gedung MK.

Jenderal bintang satu itu menyebut sterilisasi itu merujuk pada pengalaman kepolisian menghadapi aksi kerusuhan 21-22 Mei silam.

"Mabes Polri sudah menyampaikan, untuk di areal Gedung MK itu daerah steril. Tidak boleh ada kegiatan massa disana, demo disana tidak boleh," ucapnya.

"Ini atas dasar pertimbangan kejadian kerusuhan 21-22 Mei, dan berdasarkan UU Nomor 9 Tahun '98 bahwa menyampaikan pendapat di muka publik sifatnya adalah linitatif, tidak absolut. Itu ada pasal 6, ada lima ketentuan yang harus ditaati seluruh warga negara terkait menyampaikan pendapat di muka publik," imbuh Dedi.

Penulis: Vincentius Jyestha Candraditya 

(Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Polri Imbau Masyarakat Tak Lakukan Mobilisasi Massa Sebelum dan Pasca Vonis Putusan MK)

Editor: Yudhi Maulana Aditama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved