Mengenal Pejabat PPID Di Tingkat Kecamatan, Ini Tugas Mereka

Sekretaris Camat (Sekcam) ditetapkan sebagai PPID pembantu berdasarkan Keputusan Bupati Bogor No.448.602-Kpts-PerUU tahun 2017.

Mengenal Pejabat PPID Di Tingkat Kecamatan, Ini Tugas Mereka
Dokumentasi Diskominfo Kabupaten Bogor
PPID 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Dinas Komunikasi dan Informatika lakukan workshop untuk Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) pembantu di tingkat kecamatan se-Kabupaten Bogor.

Workshop diisi dua pemateri, yakni Kepala Bidang Pelayanan Informasi Pusat dan Humas Kemenkominfo RI Soekartono dan Dosen Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Jati, Mahi M.Hikmat.

Sekretaris Camat (Sekcam) ditetapkan sebagai PPID pembantu berdasarkan Keputusan Bupati Bogor No.448.602-Kpts-PerUU tahun 2017.

Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik (IKP) Diskominfo Kabupaten Bogor, Dadang Iwa Suwahyu menjelaskan, PPID adalah pejabat yang bertanggung jawab dalam pengumpulan, pendokumentasian, penyimpanan, pemeliharaan, penyediaan distribusi pelayanan informasi dan dokumentasi di lingkungan pemerintah daerah yang terdiri dari PPID utama dan PPID pembantu.

“PPID utama bertugas menghimpun dan menyajikan daftar informasi publik (DIP) yang telah diserahkan PPID pembantu kepada masyarakat sesuai tahapan yang ditetapkan," kata Dadang kepada wartawan, Rabu (26/6/2019).

Lanjut dia, sedangkan PPID pembantu bertugas selain membantu PPID utama juga melaksanakan tanggung jawab tugas mengumpulkan mengelola dan memelihara informasi dan dokumentasi, serta menyampaikan informasi dan dokumentasi kepada PPID utama minimal enam bulan sekali atau sesuai kebutuhan.

Dadang menuturkan, PPID pembantu harus dapat melayani ketersediaan dan akselerasi layanan informasi dan dokumentasi bagi pemohon informasi secara cepat, tepat, sederhana dan memenuhi standar pelayanan publik.

"Karena peran utama sejatinya berada di pundak PPID pembantu yang berada pada masing-masing perangkat daerah," ujarnya.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved