PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor Dapat Suntikan Dana Asing Senilai 4,2 Juta Dollar

Demi menyediakan air bersih bagi 60 ribu masyarakat perkotaan di Indonesia dengan memperkuat tujuh PDAM tersebut.

PDAM Tirta Kahuripan Kabupaten Bogor Dapat Suntikan Dana Asing Senilai 4,2 Juta Dollar
Dokumentasi Diskominfo Kabupaten Bogor
Bupati Bogor Ade Yasin hadiri peresmian kerja sama antara Pemerintah Indonesia, Amerika Serikat dan Swiss di The Hermitage Hotel, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2019). 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CIBINONG - Bupati Bogor Ade Yasin hadiri peresmian kerja sama antara Pemerintah Indonesia, Amerika Serikat dan Swiss di The Hermitage Hotel, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (26/6/2019).

Kerja sama tersebut adalah terkiat program kemitraan United States Agency for International Development (USAID) - Swiss State Secretariat for Economic Affairs (SECO) untuk mendukung kinerja Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM).

PDAM Kabupaten Bogor dalam hal ini PDAM Tirta Kahuripan menjadi salah satu dari 7 kabupaten atau kota lainnya di Jawa Barat dan Jawa Tengah yang mendapatkan bantuan US$ 4,5 juta.

Demi menyediakan air bersih bagi 60 ribu masyarakat perkotaan di Indonesia dengan memperkuat tujuh PDAM tersebut.

"Bantuan sambungan instalasi air bersih dari USAID dan SECO ini harus dimaksimalkan hingga di tahun yang mendatang kita akan mendapatkan lagi bantuan tersebut," kata Ade Yasin.

Bantuan dari negara asing untuk PDAM Tirta Kahuripan ini adalah yang kedua kalinya setelah Korea Selatan senilai US$ 210 juta.

Direktur Utama PDAM Tirta Kahuripan Hasanudin Taher mengungkapkan bahwa program bantuan sambungan instalasi air bersih tersebut adalah berupa uang dan teknologi yang berfungsi sebagai Non Revenue Water (NRW), efesien energi dan capacity building.

"Ada 3 program yang akan kami maksimalkan dalam pelayanan pelanggan air bersih, kami juga akan turunkan angka kebocoran air, penurunan biaya pembayaran listrik dan efesien energi," kata Hasan.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved