Kota Bogor Punya Kampung Alpukat, Hasilkan Bibit Alpukat Unggulan

Dilahan seluah 3,8 hektar tersebut kelompok tani melakukan pembibitan pohon alpukat dan durian dari mulai biji hingga menjadi bibit.

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR SELATAN - Warga Mulyaharja yang tergabung dalam Kelompok Taruna Tani (KTT) Muara Jaya Tani membuat kawasan kampung alpukat Pabuaran di Kampung Pabuaran Pasir, RT 3/10, Kelurahan Mulyaharja, Kecamatan Bogor Selatan.

Dilahan seluah 3,8 hektar tersebut kelompok tani melakukan pembibitan pohon alpukat dan durian dari mulai biji hingga menjadi bibit.

Kampung alpukat yang dimulai sejak beberapa bulan lalu itu diresmikan oleh Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim, pada Kamis (27/6/2019).

Koordinator Lapangan KTT Muara Jaya Tani Abdul Gofur mengatakan bahwa kawasan kampung alpukat berasal dari sebuah perkebunan.

Namun pembentukan kawasan kampung alpukat sampai saat ini masih terus berproses.

Tahapan awalnya para kelompok tani mempersiapkan lahan perkembunan untuk menghasilkan bibit dan buah dengan kualitas unggulan.

Setelah tumbuh bibit unggulan maka produk tersebut nantinya akan dikembangkan untuk didistribusikan ataupun ditanam langsung di area perkebunan dan rumah-rumah warga.

"Pertama itu tadi kita siapkan laha perekebunananya kedua untuk sambung pucuknya, setelah itu nanti di jual ke konsumen dan kita sudah punya langganan," katanya.

Ada 10 varietas alpukat yang diproduksi dari biji hingga menjadi bibit.

Halaman
12
Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved