2 Hal yang Dibanggakan Anies Soal Jakarta Jadi Tiga Besar Kota Inovasi Transportasi Terbaik Dunia

Selain Jakarta, dua kota lain, yakni Pune (India) dan Kigali (Rwanda), juga bersaing memperebutkan gelar juara dalam helatan STA 2020.

2 Hal yang Dibanggakan Anies Soal Jakarta Jadi Tiga Besar Kota Inovasi Transportasi Terbaik Dunia
TRIBUNJAKARTA.COM/BIMA PUTRA
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (22/5/2019) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengaku bangga sekaligus bersyukur Ibu Kota masuk dalam tiga besar kota terbaik di dunia dengan terobosan transportasi dalam ajang tahunan Sustainable Transport Award (STA) 2020.

Salah satu hal yang ia banggakan ialah pemilihan nomine yang bukan berdasarkan pada sistem voting.

"Alhamdulillah, Jakarta diakui sebagai satu dari tiga kota terbaik dunia untuk PERBAIKAN sistem transportasi dan mobilitas kota. Keseriusan kita semua mendapatkan pengakuan dari Iembaga kredibel tingkat dunia. lni bukan lewat banyak-banyakan voting di sosmed," tulis Anies dalam laman Facebook dan Instagram-nya, Kamis (27/6/2019).

"Dalam STA, visi, konsep dan eksekusi yang dijalankan setiap kota dini|ai oleh komite yang terdiri dari Iembaga-Iembaga global seperti Institute for Transportation and Development Policy (ITDP), Bank Dunia, International Council for Local Environmental Initiatives (ICLEI), dll.," lanjut Anies.

Kebanggaan gubernur yang menjabat sejak 2017 ini makin tebal lantaran Jakarta berhasil menepikan kota-kota lain, termasuk di negara maju yang turut masuk dalam nominasi.

"Yang lebih membuat kita bersyukur dan bangga, kita berhasil mengalahkan kota-kota dunia seperti Kingston (Kanada), Richmond (Amerika Serikat), Bogota (Kolombia), dan banyak lainnya," kata Anies.

Selain Jakarta, dua kota lain, yakni Pune (India) dan Kigali (Rwanda), juga bersaing memperebutkan gelar juara dalam helatan STA 2020.

Terobosan utama yang memboyong Jakarta ke posisi ini, menurut STA, ialah kemajuan sistem BRT (bus rapid transit) dan meningkatnya okupansi pengguna bus.

"Jakarta, Indonesia telah dua kali lipat meningkatkan jumlah BRT dan penumpang bus, melalui sistem integrasi yang lebih nagus dan memperbaiki akses menuju halte atau stasiun," tulis STA seperti dikutip dari laman resmi Institute for Transportation & Development Policy (ITDP) Indonesia, Kamis (27/6/2019).

Penghargaan ini telah rutin diberikan sejak 2005 kepada kota berbagai ukuran, termasuk kota ukuran sedang di negara berkembang hingga metropolis di negara-negara maju.

Pemenang STA 2020 bakal diumumkan di Fortaleza, Brazil, kota pemenang STA 2019.

Sementara itu, penganugerahan pemenang bakal dilangsungkan di Washington DC, Amerika Serikat, Januari 2020 mendatang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Jakarta Tiga Besar Kota Inovasi Transportasi Terbaik Dunia, Anies Banggakan 2 Hal Ini"

Penulis : Vitorio Mantalean

Editor: Vivi Febrianti
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved