Gara-gara Cuitkan Ini di Twitter, Politisi Turki Ini Diancam 17 Tahun Penjara

Cuitan Twitter Canan Kaftancioglu yang dipermasalahkan, termasuk penghinaan yang ditujukan kepada Recep Tayyip Erdogan

Gara-gara Cuitkan Ini di Twitter, Politisi Turki Ini Diancam 17 Tahun Penjara
(AFP / BULENT KILIC)
Politisi dari Partai Rakyat Republik (CHP), Canan Kaftancioglu, menyapa para pendukungnya di luar gedung pengadilan utama Istanbul, Jumat (28/6/2019) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Seorang politisi dari partai oposisi Turki terancam bakal dijatuhi hukuman 17 tahun penjara karena serangkaian cuitannya di Twitter yang mengkritik pemerintah.

Canan Kaftancioglu, kepala Partai Rakyat Republik (CHP) cabang Istanbul, telah dituduh "menghina" Presiden Recep Tayyip Erdogan dan pemerintah Turki melalui Twitter yang diunggahnya antara 2012 hingga 2017.

Cuitan Twitter Canan Kaftancioglu yang dipermasalahkan, termasuk penghinaan yang ditujukan kepada Recep Tayyip Erdogan, dan kritik atas kematian seorang remaja laki-laki berusia 14 tahun yang terkena granat gas air mata selama aksi protes massa pada 2013.

Dia juga dituduh telah menyebarkan "propaganda teroris" karena mengutip twit dari seorang anggota Partai Pekerja Kurdistan (PKK) yang dilarang dan telah menjadi kelompok pemberontak yang melawan negara sejak 1983.

Ani Yudhoyono Wafat Hari Ini, Tagar #RIPAniYudhoyono dan #SelamatJalanBuAni Jadi Trending di Twitter

Naomi Zaskia Menangis Tangannya Ditaruh Kelabang, Sule Memeluk dan Berkata Ini untuk Tenangkan Naomi

Salah seorang pendukungnya mengatakan, beberapa cuitan di Twitter lain yang dipermasalahkan salah satunya tentang Canan Kaftancioglu yang diduga menyangkal genosida Armenia.

Namun cuitan di Twitter itu disebut palsu dan sengaja dibuat untuk mencoreng namanya.

Canan Kaftancioglu dihadirkan dalam persidangan di pengadilan utama Istanbul, Jumat (28/6/2019), dengan ratusan pendukungnya berkumpul di luar gedung pengadilan untuk memberikan dukungan kepada terdakwa.

"Persidangan ini, seperti yang telah diketahui semua orang, adalah persidangan politik," kata salah seorang pengacara dari partai CHP, di luar gedung pengadilan.

"Kami sekali lagi dihadapkan pada pengadilan untuk kasus yang tidak adil, di luar hukum, dan tanpa dasar," tambahnya, dikutip AFP.

Naomi Zaskia Menangis Tangannya Ditaruh Kelabang, Sule Memeluk dan Berkata Ini untuk Tenangkan Naomi

Eza Gionino Terharu Atas Kelahiran Putrinya, Ibunda: Kalau Suatu Saat Ditinggal Anaknya Sakit Gak?

Kaftancioglu adalah tokoh kunci dalam kampanye untuk memilih Ekrem Imamoglu dari CHP, wali kota baru Istanbul.

Imamoglu meraih kemenangan telak dalam pemilihan ulang yang digelar pekan ini, dan menandai kekalahan signifikan pertama bagi Erdogan sejak berkuasa pada 2003.

Sementara jalannya persidangan pada Jumat (28/6/2019) hanya ada sedikit kemajuan dengan sidang kasus kembali ditunda hingga 18 Juli mendatang.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gara-gara Twit, Politisi Turki Ini Diancam Hukuman 17 Tahun Penjara", 
Penulis : Agni Vidya Perdana
Editor : Agni Vidya Perdana

Editor: Yuyun Hikmatul Uyun
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved