Jangan Sampai Tertipu, Ini 5 Tips Transaksi Aman Pakai Kartu Kredit dan Debit

Anda harus tetap berhati-hati, sebab banyak kasus penipuan yang terkait dengan kartu kredit atau debit, seperti skimming, phising dan lain-lain.

Pixabay
Ilustrasi kartu kredit 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Bagi pemegang kartu debit atau kredit harus ekstra hati-hati dalam penggunaannya.

Seperti diketahui, meningkatnya kebutuhan dan perkembangan teknologi membuat pengunaan kartu kredit atau kartu debit menjadi cara pembayaran yang nyaman.

Orang-orang dapat menggunakan kartu kredit untuk beragam kebutuhan, mulai dari belanja, memesan tiket pesawat, hingga membeli makanan kebutuhan sehari-hari.

Tetapi Anda harus tetap berhati-hati, sebab banyak kasus penipuan yang terkait dengan kartu kredit atau debit, seperti skimming, phising dan lain-lain.

Berikut cara-cara agar dapat mengamankan transaksi bagi para pemegang kartu kredit atau debit seperti dikutip dari Etnownews.com, Jumat (28/6/2019).

1. Jangan pernah menyimpan informasi akun Anda Informasi ini antara lain nomor rekening, debit atau PIN kartu kredit, kata sandi internet banking di ponsel Anda.

Jika Anda menggunakan jaringan publik seperti hotspot WiFi gratis, maka pastikan koneksi WiFi tersebut dilindungi kata sandi.

2. Selalu gunakan aplikasi resmi Aplikasi repackage merusak fitur keamanan perangkat dan memiliki kemampuan mencuri data.

Ingat, selalu unduh aplikasi dari toko aplikasi resmi.

Informasi yang dikirim melalui jaringan aplikasi ini akan dienkripsi untuk memastikan transaksi yang aman.

3. Jika menerima email atau pemberitahuan lain untuk mengklik situs web bank, jangan tertipu Kemungkinan notifikasi ini bisa palsu.

Banyak situs dirancang untuk meniru situs bank resmi pelanggan.

Mereka mengedarkan tautan tersebut melalui pesan teks atau email.

Perlu dicatat bahwa URL situs web yang aman dimulai dengan 'http' dan bukan dengan 'https'.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved