Breaking News:

Laporannya Soal Galian Ilegal Tak Direspon Polres Bogor dan Pemkab Bogor, Polda Jabar Turun Tangan

Tiga titik tempat galian ilegal di kawasan Desa Bantarkuning, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor kini sudah disegel oleh polisi.

Istimewa
Alat berat dilokasi galian ilegal di kawasan Desa Bantarkuning, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor disegel petugas 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Naufal Fauzy

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, CARIU - Tiga titik tempat galian ilegal di kawasan Desa Bantarkuning, Kecamatan Cariu, Kabupaten Bogor kini sudah disegel oleh polisi.

Tempat galian ilegal ini sebelumnya dilaporkan oleh warga ke Polres Bogor dan Bupati Bogor.

Menurutnya, laporan tersebut tak direspon sehingga pihaknya langsung melapor ke Polda Jabar.

"Sebelumnya kami sudah membuat laporan ke Kapolres Bogor dan Bupati Bogor namun tidak ada tanggapan sama sekali sehingga terpaksa kami laporkan ke Polda Jabar," kata Ketua Lembaga Pemerhati Kebijakan dan Layanan Publik (PKLP), Maraja Manalu kepada TribunnewsBogor.com, Minggu (30/6/2019).

Dia menjelaskan bahwa pada Kamis (27/6/2019) kemarin, tiga titik tempat galian itu disegel oleh pihak Ditreskrimsus Subdit IV Polda Jawa Barat.

Sebanyak 4 alat berat untuk pengerukan tanah, lanjut dia, kini juga sudah diberi garis polisi.

Maraja berharap agar para penambang galian ilegal itu didorong agar mengurus ijin sehingga mempunyai dampak positif terhadap Kabupaten Bogor dari sisi pendapatan asli daerah (PAD).

"Kami berharap Kapolres Bogor dan Bupati Bogor responsif terhadap laporan warga, sebab selain pengrusakan lingkungan, kerugian negara dari sisi retribusi ada juga kerugian negara karena penyalahgunaan BBM subsidi sebab pertambangan ilegal itu menggunakan Solar non subsidi," katanya.

Penulis: Naufal Fauzy
Editor: Damanhuri
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved