BPBD Kota Bogor Siapkan Kelurahan Tangguh Bencana

Selain itu juga nantinya akan dibentuk sebuah forum tangguh bencana yang didalamnya melipiuti unsur pemerintah, unsur masyarakat serta dunia usaha.

BPBD Kota Bogor Siapkan Kelurahan Tangguh Bencana
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor melakukan sosialisai kepada pihak kelurahan di Kota Bogor cara menanggulangi bencana. 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor melakukan sosialisi kepada pihak kelurahan cara menanggulangi bencana.

Kepala BPBD Kota Bogor Rr. Juniarti Estiningsih mengatakan bahwa dengan edukasi yang diberikan masyarakat akan lebih memahami bagaimana penanganan terkait kebencanaan yang ada di wilayah.

Selain itu juga nantinya akan dibentuk sebuah forum tangguh bencana yang didalamnya melipiuti unsur pemerintah, unsur masyarakat serta dunia usaha.

"Kami juga menyampaikan upaya untuk mendorong cita-cita sebagai program pembangunan karakter ini, terkait dengan pemahaman pengurangan dampak resiko bencana. Saya sangat antusias sekali karena ini memang perlu sekali dan nanti kami ke depannya akan mendorong forum PRB ini di mana melibatkan pemerintah, dunia usaha dan pihak-pihak lain," katanya usai kegiatan di Swiss Bell Hotel, Jalan Salak, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor, Selasa (2/6/2019).

Selain sosialisasi nantinya usai kegiatan tersebut juga akan segera dilakukan pemetaan rawan bencana.

Nantinya pemetaan tersebut berfunsi untuk memprioritaskan titik-titik yang menjadi sasaran utama.

"Kedepan kalau sudah ada APBD untuk kelurahan tangguh bencana, dari CSR sebanyak tiga kelurahan, maka Pemkot Bogor menambah enam kelurahan atau bisa 10 kelurahan langsung," pungkasnya.

Sementara itu Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bogor Ade Sarip Hidayat mengatakan bahwa setiap warga maupun aparatur di wilayah perlu sigap dan siaga dalam menghadapi bencana.

Sehingga nantinya kelurahan tangguh bencana tidak hanya mengandalkan Corporate Social Responsibility (CSR) sehingga Pemkot Bogor segera memprogram kan kelurahan tangguh bencana dalam APBD Perubahan tahun 2019.

"Program BPBD ini didukung Anggaran Pemkot Bogor, sehingga semua kelurahan punya kesiapan menghadapi bencana, terlepas kelurahan punya anggaran dan dukungan dari pusat serta Sumber Daya Manusia (SDM)nya juga tengah disiapkan," ujarnya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved