Breaking News:

CEK FAKTA : Pernyataan Kapolri soal Wanita Bawa Anjing Masuk Masjid Hoaks

Pada foto yang beredar, tertera pernyataan Tito menanggapi video viral seorang wanita yang membawa anjing masuk ke dalam masjid.

Facebook
Tangkapan layar hoaks yang ditujukan kepada Kapolri Tito Karnavian tentang wanita membawa anjing masuk ke masjid di Bogor. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Sebuah foto tangkapan layar beredar di media sosial dengan mencatut template pemberitaan Kompas.com yang menyertakan pernyataan Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Jenderal (Pol) Tito Karnavian.

Pada foto yang beredar, tertera pernyataan Tito menanggapi video viral seorang wanita yang membawa anjing masuk ke dalam masjid.

Foto dengan mencatut Kompas.com dan pernyataan Kapolri ini dipastikan hoaks.

Tak pernah ada pemberitaan dan pernyataan Kapolri soal kasus itu.

"Kapolri, Tito Karnavian: video viral seorang ibu yang bawa anjing ke dalam masjid, saya yakin itu adalah rekayasa dari umat islam radikalis yang coba adu domba antar lintas agama," demikian bunyi pernyataan tersebut.

Pemimpin Redaksi Kompas.com Wisnu Nugroho menegaskan, Kompas.com tak pernah menulis artikel itu dan memang tak ada pernyataan Kapolri.

"Capture seolah-olah berita dari Kompas.com itu hoaks. Kompas.com tidak menulis artikel itu karena memang tidak ada pernyataan seperti hoaks itu dari Kapolri. Dapat dipastikan capture seolah-olah berita itu hoaks yang diproduksi mereka yang tidak bertanggung jawab untuk tujuan-tujuan memecah belah," kata Wisnu.

Bantahan yang sama disampaikan Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Polri Brigjen (Pol) Dedi Prasetyo.

Dedi menegaskan bahwa konten tersebut tidak benar.

Ia mengatakan, akun tersebut saat ini tengah dalam pemantauan.

"Itu hoaks. Pemilik akun sedang di-profiling oleh tim siber," kata Dedi saat dihubungi Kompas.com, Kamis (4/7/2019).

Akun yang menyebarkan ini pun dapat dikenai sanksi hukum.

"Masih didalami. Nanti kalau sudah clear bukti-buktinya dan apabila dilaksanakan penegakan hukum akan saya sampaikan," ujar Dedi.

Penulis : Mela Arnani

(Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul ""Kompas.com" Dicatut untuk Hoaks Pernyataan Kapolri soal Wanita Bawa Anjing Masuk Masjid")

Editor: Yudhi Maulana Aditama
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved