Dipicu Sikap Dovish The Fed, Harga Emas Semakin Menkilap

Harga ini terpantau naik 0,85% dari sehari sebelumnya yang ada di US$ 1.412,50 per ons troi.

Dipicu Sikap Dovish The Fed, Harga Emas Semakin Menkilap
Tribun Jateng/Wahyu Sulistiyawan
Staf Butik Emas PT Aneka Tambang Tbk di Jalan Pemuda, Kota Semarang, merapikan koleksi logam mulia di display, Kamis (19/5/2016). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -  Harga emas semakin berkilau tersulut pernyataan Gubernur The Fed Jerome Powell tentang penurunan suku bunga. Kamis (11/7) pukul 14.20 WIB harga emas untuk pengiriman Agustus 2019 di Commodity Exchange ada di US$ 1.424,60 per ons troi.

Harga ini terpantau naik 0,85% dari sehari sebelumnya yang ada di US$ 1.412,50 per ons troi. Harga emas ini mencapai level tertinggi dalam enam tahun.

Sementara itu, harga emas di pasar spot ada di level US$ 1.421,50 per ons troi naik 0,16% dari sehari sebelumnya yang ada di US$ 1.419,20 per ons troi.

"Langkah The Fed tadi malam cukup meyakinkan bahwa mereka akan lebih banyak tinjauan kebijakan manajemen risiko yang dovish," jelas Stephen Innes, managing partner Anguard Market seperti dikutip Reuters.

Ia menambahkan, dollar AS yang diperdagangkan lebih rendah juga mendorong kenaikan harga emas.

"Fed tidak hanya fokus pada kekhawatiran dalam ekonomi AS tapi juga mempertimbangkan ekonomi global, dampak negatif dari perang dagang dan pada dasarnya membangkitkan harga emas." 

Kemarin, Powell mengungkapkan kekhawatiran atas kebijakan perdagangan dan pelemahan ekonomi global yang turut menekan prospek ekonomi AS.

Dia menambahkan, The Fed akan mengambil langkah yang dipandang tepat untuk mempertahankan ekspansi ekonomi yang bertahan dalam 10 tahun terakhir.

(Kontan/Herlina KD )

Editor: Damanhuri
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved