Hasil Musda KNPI Ditolak, Kandidat DPD dan Pimpinan OKP Layangkan Mosi Tak Percaya

Steering Commite (SC) dianggap tidak mampu membuat demokrasi pemuda secara sehat dan inkonstitusional.

Hasil Musda KNPI Ditolak, Kandidat DPD dan Pimpinan OKP Layangkan Mosi Tak Percaya
Ist
Musyawarah Daerah (MUSDA) XIV Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bogor pada 3 - 4 Mei 2019 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Tsaniyah Faidah

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BANDUNG - Musyawarah Daerah (MUSDA) XIV Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kabupaten Bogor pada 3 - 4 Mei 2019 kemarin menuai pro kontra.

Alhasil Kandidat DPD KNPI Kabupaten Bogor, Hasyemi Faqihudin bersama pimpinan Organisasi Kemasyarakatan dan Pemuda (OKP) Kabupaten Bogor melayangkan gugatan mosi tidak percaya, Kamis (11/7/2019).

Berlokasi di Ruang Rapat DPD KNPI Jawa Barat di Jalan Soekarno - Hatta Kota Bandung, Hasyemi menyatakan tidak menerima hasil dari Musda XIV kemarin dan menggugat agar Musda KNPI ini diulang.

"Kita tidak menerima hasil dari Musda XIV kemarin dan tentunya kita menggugat. Menggugat agar musda diulang dan harus terulang," tandasnya saat dihubungi TribunnewsBogor.com.

Gugatan tersebut tentu saja bukan tanpa alasan.

Menurut Hasyemi yang juga merupakan aktivis Himpunan Mahasiswa Indonesia (HMI) Bogor ini, Musda XIV yang digelar kemarin tidak mengacu pada aturan yang sudah ditetapkan, seperti Ketetapan AD/ART dan PO Kongres Papua 2015.

"Seluruh isi draft menjelaskan rangkaian dari rapimda hingga musda yang aturan - aturannya ditabrak," jelas dia.

Selain itu, Steering Commite (SC) dianggap tidak mampu membuat demokrasi pemuda secara sehat dan inkonstitusional.

Kualitas SC pun diragukan sebab tidak ada verifikasi akurat atas kepesertaan OKP yang terdaftar dalam naungan di bawah DPP KNPI.

Alhasil, OKP yang tidak bernanung di DPP KNPI tidak diverifikasi.

"Jadinya penuh dengan intrik politik dan kecurangan hingga pelanggaran," papar Hasyemi yang turut menjabat sebagai Ketua Umum Pertahanan Ideologi Sarekat Islam (Perisai) cabang Bogor.

Adanya beberapa hal kecurangan tersebut, membuat Hasyemi merasa Musda XIV Kabupaten Bogor menciderai PO dan AD/ART KNPI.

Selepas ini, nantinya Hasyemi juga akan melayangkan gugatan ke DPP KNPI demi menjaga independensi KNPI dan menjalankan aturan organisasi yang sesuai dengan ketentuannya.

Penulis: Tsaniyah Faidah
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved