Breaking News:

Ibadah Haji 2019

Jemaah Haji Indonesia Gelar Salat Gerhana Bulan di Masjidil Haram

Salat gerhana bulan digelar secara berjamaah di Masjidil Haram saat gerhana bulan terjadi di langit Mekkah mulai Selasa malam hingga lewat Rabu malam

(Tribunnews/Muhammad Husain Sanusi/MCH2019).
Suasana saat terjadi gerhana bulan di atas langit Masjidil Haram. Ribuan jemaah menggelar salat gerhana bulan di Masjidil Haram pada Rabu (17/7/2019) dini hari 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM – Malam di Arab Saudi sudah menunjukkan pukul 23.00 jelang pergantian hari dari Selasa ke Rabu (17/7/2019). Biasanya ini adalah waktu yang tepat untuk istirahat dan tidur di rumah masing-masing.

Tapi tidak demikian dengan suasana di Masjidil Haram malam itu, ribuan jemaah tak terkecuali jemaah haji asal Indonesia malah sedang semangat-semangatnya untuk memasuki tempat paling suci bagi umat Islam tersebut.

Kurang lebih seribuan jemaah haji asal Indonesia ini terlihat berbaris rapi mengantri di pintu masuk Masjidil Haram. Ternyata mereka ingin mengikuti salat gerhana bulan atau salat khusyuful qomari yang akan digelar di Masjidil Haram pada pukul 23.00 waktu Arab Saudi.

Salat gerhana bulan digelar secara berjamaah di Masjidil Haram saat gerhana bulan terjadi di langit Mekkah mulai Selasa malam hingga lewat Rabu dini hari.

Para jemaah haji asal Indonesia ini datang berkelompok sesuai dengan rombongannya dan sebagian dari mereka baru akan melakukan umroh wajib karena baru datang dari Madinah setelah beribadah arba’in selama 8 hari di kota itu.

Banyak yang terlihat lelah namun bersemangat ingin melihat langsung Kakbah dan salat di Masjidil Haram.

Salat gerhana di Masjidil Haram dilaksanakan sebanyak dua rakaat selama hampir satu jam yakni dimulai pada hari Selasa (16/7) pukul 23.20 hingga Rabu (17/7) pukul 00.15 waktu Arab Saudi.

Salat dipimpin oleh Imam Masjidil Haram Syekh Abdullah bin 'Awwad Aljuhany dan saat salat tersebut digelar bulan terlihat dalam fase gerhana sebagian di langit Masjidil Haram.

Jika dilihat dari kawasan pintu Marwah menuju Terminal Syeib Aamiir, gerhana bulan dapat dilihat di sisi atas Zam Zam Tower.

Setelah salat, khatib berkhotbah mengajak jemaah untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap kekuasaan Allah.

“Mari kita tingkatkan taqwa dan marilah kita ingat bahwa fenomena alam ini tanda kekuasaan Allah," katanya.

(Tribunnews.com/ Muhammad Husain Sanusi dari Mekah)

Editor: Yudhi Maulana Aditama
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved