Digelar Tiga Hari, Lebaran Betawi Digelar di Lapangan Silang Monas

Pemprov DKI Jakarta bersama dengan Badan Musyawarah Betawi (Bamus Betawi) bakal merayakan acara tahunan rutin yakni Lebaran Betawi.

Digelar Tiga Hari, Lebaran Betawi Digelar di Lapangan Silang Monas
Warta Kota/Dwi Rizki
Suasana Silang Barat Daya Monumen Nasional (Monas), Gambir, Jakarta Pusat. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -  Pemprov DKI Jakarta bersama dengan Badan Musyawarah Betawi (Bamus Betawi) bakal merayakan acara tahunan rutin yakni Lebaran Betawi.

Mengusung tema 'Dengan Budaye Kite Perkokoh Persatuan dan Kesatuan Indonesia', acara akan digelar di Lapangan Silang Monas Barat Daya selama tiga hari, mulai 19 Juli sampai 21 Juli 2019.

Pada puncak acara, Minggu 21 Juli akan dilakukan Sorendo-rendo Karnaval Budaya Nusantara dari perwakilan dari lima Wilayah Kota Administrasi dan satu Kabupaten Kota Administrasi mulai pukul 06.00 sampai 10.00 WIB.

Adapun karnaval ini diikuti peserta mencapai 2.000 orang yang akan mengenakan pakaian adat khas nusantara dengan berjalan kaki mulai dari Balai Kota hingga Bundaran Air Mancur Arjuna Wiwaha (patung kuda) lalu menuju Monas.

Penutupan Jalan

Untuk mendukung jalannya acara ini, Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta melakukan rekayasa lalu lintas terhadap ruas Jalan Medan Merdeka Selatan sisi selatan.

Kepala Dishub, Syafrin Liputo mengatakan pada jalan itu akan dipasang traffic cone mulai depan Kedubes Amerika Serikat sampai Gedung ESDM sebagai pembatas yang memisahkan dua lajur untuk lalu lintas kendaraan dan dua lajur untuk digunakan Parade Defile.

"Diimbau kepada pengguna jalan agar dapat menghindari ruas jalan yang menjadi rute atau lintasan pawai dan menyesuaikan pengaturan lalin yang ditetapkan, mematuhi rambu-rambu lalu lintas, petunjuk lapangan dan mengutamakan keselamatan di jalan," ujar Syafrin saat dikonformasi, Kamis (18/7/2019).

Pada 20 dan 21 Juli 2019, Panitia Lebaran Betawi bekerja sama dengan PT Transjakarta menyediakan 5.000 tiket gratis bagi para pengguna unuk menuju lokasi pelaksanaan Lebaran Betawi di Monas.

"Hal ini diharapan akan memudahkan pengunjung untuk tiba di lokasi acara dengan akses transportasi publik yang nyaman dan bebas biaya," ungkap Syafrin.

Editor: Damanhuri
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved