Breaking News:

Mahasiswa Teliti Dampak Lapangan Sepak Bola Internasional untuk Mendorong Ekonomi Desa, Ini Hasilnya

BUMDesa Sakti Lodaya di Desa Cisayong, Tasikmalaya, Jawa Barat, yang membangun lapangan sepak bola berstandar internasional sebagai unit bisnisnya.

Humas IPB
Lapangan Sakti Lodaya adalah sebagai unit usaha desa yang mampu menjadi penopang pembangunan desa. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Mahasiswa IPB University melakukan penelitian tentang Business Model Canvas (BMC) dari pembangunan lapangan sepak bola berstandar internasional sebagai unit bisnis Badan Usaha Milik Desa (BUMDesa) Sakti Lodaya Desa Cisayong, Tasikmalaya, Jawa Barat.

Penelitian ini lolos didanai dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) bidang Penelitian Sosial Humaniora (PSH).

Penelitian ini dilakukan oleh mahasiswa Departemen Agribisnis dan Sekolah Bisnis IPB University.

Tim terdiri dari Aulia Dina Wahidah, Gentur Ngudiharjo dan Maria Jacklyn yang dibimbing oleh Dr Yusalina, M.Si.

Aulia menyampaikan, alasan tim PKM ini tertarik untuk meneliti pembangunan lapangan sepakbola dikarenakan pada umumnya unit bisnis BUMDesa berupa produk makanan dan minuman, kerajinan, atau hasil pertanian desa.

Namun, berbeda dengan BUMDesa Sakti Lodaya di Desa Cisayong, Tasikmalaya, Jawa Barat, yang membangun lapangan sepak bola berstandar internasional sebagai unit bisnisnya.

Motif dibangunnya Lapangan Sakti Lodaya adalah sebagai unit usaha desa yang mampu menjadi penopang pembangunan desa.

Keputusan untuk membangun Lapangan Sakti Lodaya tidak hanya sebagai ikon Desa Cisayong, melainkan juga sebagai bentuk pemanfaatan dana desa yang berkelanjutan dengan harapan dana desa mampu dikelola dengan baik dan memberikan dampak keuntungan baik itu sosial maupun finansial bagi warga desa.

Lapangan yang sudah mulai beroperasi sejak tahun 2018 ini sudah beberapa kali disewa untuk dijadikan lapangan bertanding bagi klub sepakbola desa maupun klub lokal skala nasional seperti Persija dan Persib.

Bahkan, turnamen U14 se-Jawa Barat tanggal 30 Juni 2019 pun menggunakan lapangan sepak bola Cisayong sebagai salah satu arenanya.

Halaman
12
Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved