Breaking News:

'Si Cerdik' Aplikasi Unik untuk Deteksi Kesegaran Ikan

Mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University telah membuat aplikasi dengan nama Si Cerdik.

Humas IPB
Si Cerdik merupakan pengembangan teknologi lebih lanjut dari alat untuk mendeteksi kesegaran ikan dengan metode akustik 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Berada di wilayah jauh dari laut, ibu rumah tangga yang menyiapkan makanan berbasis Ikan, sangat membutuhkan informasi untuk mengetahui tingkat kesegaran Ikan dengan mudah, cepat dan akurat.

Harapannya agar bisa mengonsumsi pangan yang sehat dan bergizi.

Untuk itu mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) IPB University telah membuat aplikasi dengan nama Si Cerdik.

Si Cerdik merupakan pengembangan teknologi lebih lanjut dari alat untuk mendeteksi kesegaran Ikan dengan metode akustik, yang sebelumnya dikembangkan Prof. Dr. Ir. Indra Jaya, MSc dan tim dimana alat tersebut masih cukup besar sehingga kurang praktis dan relatif lebih rumit mengoperasikannya.

Si Cerdik ini dibuat tim dari Program Kreativitas Mahasiswa Cipta Karsa (PKM-KC) yang beranggotakan Aldo Dermawan, Syifa Afnani Santoso dan Dhea Fajriati Anas sebagai ketua tim.

Si Cerdik ini diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam mendeteksi tingkat kesegaran ikan hanya dengan handphone android.

Proses kerjanya cukup mudah yakni dengan meng-install aplikasi Si Cerdik ini pada ponsel cerdas berbasis android, lalu ikan yang ingin dideteksi kesegarannya difoto matanya.

Perangkat lunak (Apps) yang dikembangkan oleh tim PKM-KC IPB University dan dipasang dalam ponsel cerdas tersebut akan mengolah dan menganalisis foto tersebut serta menampilkan hasil analisis foto dalam bentuk informasi tingkat kesegaran ikan yang difoto.

“Hanya dengan pelatihan singkat semua orang bisa melakukannya, karena hanya dengan mengambil foto mata ikan kita langsung dapat mengetahui tingkat kesegaran dari ikan tersebut. Sasaran utama untuk aplikasi Si Cerdik ini yaitu ibu-ibu muda, pemilik warung makan, dan masyarakat umum yang kesulitan menentukan tingkat kesegaran dari ikan," ujarnya.

Keunggulan dari Si Cerdik ini dapat mendeteksi kesegaran ikan yang mudah dioperasikan, portable, dan informasi dihasilkan saat itu juga (realtime),” kata Aldo. (*)

Editor: Soewidia Henaldi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved