Maruf Amin Sebut Parpol Pendukung Belum Sepakat Non-koalisi Bergabung

Pertemuan Prabowo-Megawati diprediksi menjadi langkah awal Gerindra untuk masuk dalam koalisi partai-partai pendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf.

Maruf Amin Sebut Parpol Pendukung Belum Sepakat Non-koalisi Bergabung
Kompas.com
Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Rois Aam PBNU KH Maruf Amin(KOMPAS.com/Ghinan Salman) 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -- Wakil Presiden Terpilih Ma'ruf Amin menuturkan bahwa hingga saat ini belum ada kesepakatan di antara seluruh parpol koalisi terkait wacana penambahan partai pendukung pemerintah periode 2019-2024.

Namun Ma'ruf menekankan, pada dasarnya pihaknya terbuka jika ada partai dari luar koalisi yang memutuskan untuk mendukung pemerintah.

"Prinsipnya terbuka, tapi masuknya seperti apa kan belum ada kesepakatan dari partai-partai koalisi," ujar Ma'ruf saat ditemui seusai menghadiri acara milad ke-44 MUI di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Sabtu (27/7/2019).

Kabar masuknya partai baru dalam Koalisi Indonesia Kerja (KIK) semakin menguat sejak pertemuan antara Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri.

Pertemuan digelar di kediaman Megawati Soekarnoputri, Jalan Teuku Umar, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (24/7/2019).

Pertemuan Prabowo-Megawati diprediksi menjadi langkah awal Gerindra untuk masuk dalam koalisi partai-partai pendukung pasangan Jokowi-Ma'ruf.

Menurut Ma'ruf, saat ini dirinya, Presiden Terpilih Joko Widodo, dan seluruh ketua umum parpol pendukung tengah berkomunikasi soal wacana penambahan anggota koalisi.

Seperti diketahui pada Pilpres 2019 lalu, pasangan Jokowi-Ma'ruf didukung oleh enam parpol yang memiliki kursi di DPR. Keenam parpol tersebut adalah PDI-P, Golkar, PKB, Nasdem, PPP dan Hanura.

"Ya nanti kita bicarakanlah seperti apa yang penting rekonsiliasinya sudah ada tapi nanti seperti apa bentuknya itu saya kira sudah berkomunikasi. Masing-masing sudah komunikasi, Bu Mega sudah berkomunikasi," kata Ma'ruf.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Ma'ruf Amin: Parpol Pendukung Belum Sepakat Non-koalisi Bergabung",

Editor: Ardhi Sanjaya
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved