Breaking News:

Ibadah Haji 2019

Jaga Kebugaran Saat Puncak Haji, Jemaah Jateng Gelar Senam Ngapak

Sebagai upaya untuk mempersiapak fisik yang prima, ratusan jemaah hai asal Jawa Tengah menggelar Senam Ngapak di halaman hotel sektor 10

Editor: Yudhi Maulana Aditama
Tribunnews/Bahauddin/MCH2019
Jemaah haji asal Jawa Tengah sedang melakukan senam Ngapak di Hotel Kiswah Tower, Jarwal, Kota Makkah, Senin (29/7/19). 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Puncak pelaksanaan ibadah haji tak lama lagi tiba, diperlukan persiapan mental dan fisik yang kuat agar jemaah haji mampu melewati proses paling inti dalam pelaksanaan ibadah yakni, Wukuf di Arafah, Mabit di Muzdalifah dan Mina serta lempar Jamarat.

Sebagai upaya untuk mempersiapak fisik yang prima, ratusan jemaah hai asal Jawa Tengah menggelar Senam Ngapak di halaman hotel sektor 10 tepatnya di Hotel Kiswah, Jarwal, Makkah, Senin (29/7/2019).

Jarwal sebagaimana diketahui adalah zona berkumpulnya jemaah haji embarkasi SOC atau embarkasi asal jemaah haji yang berasal dari daerah Jawa Tengah.

"Ini sebagai bagian dari upaya kita untuk menuju puncak haji nanti agar jemaah memiliki fisik yang sehat. Oleh karena itu teman teman dari sektor 10 ini memiliki program yang namanya senam ngapak,” kata Kepala Daerah Kerja Makkah, Subhan Cholid.

Dinamakan senam ngapak karena memang yang mengikuti senam ini adalah mayoritas jemaah haji asal Jawa Tengah bagian barat yang terkenal dengan khas logat ngapak ketika berbicara.

“Karena banyak jemaah disini berasal dari Jawa Tengah bagian barat, logatnya logat ngapak sehingga diistilahkan itu. Jadi ini sangat bagus sekali, ya paling tidak untuk menstimulasi badan kita setelah sehari-hari mungkin kita kurang gerak karena cuaca yang sangat panas sehingga banyak berdiam di mesjid untuk itulah diadakan senam seperti ini,” tambah Subhan Chalid.

Harapannya dengan adanya senam ini jemaah haji bisa menjadi lebih bugar dan siap untuk melaksanakan aktifitas yang nantinya memerlukan energi yang lebih besar ketika puncak penyelenggaraan ibadah haji.

Subhan meminta Jemaah perlu rutin saja dan bisa melakukannya sendiri baik dikamar maupun dilorong lorong hotel.

“Tapi kalau sendiri mungkin malas ya jadi bisa saja berkelompok berapa orang yang penting badan kita ini gerak dan mengeluarkan keringat,” katanya.

Jemaah haji tampat sangat antusias mengikuti senam ngapak ini. Mereka yang mayoritas bapak-bapak dan ibu-ibu yang sudah berumur tua mengaku sangat senang dengan adanya kegiatan ini.

“Kami senang sekali ada kegiatan seperti ini. Jadinya tidak bosan ada kegiatan lain yang bisa membuat kami lebih terhibur,” kata salah seorang jemaah haji yang minta namanya dirahasiakan.

(Tribunnews.com/Muhammad Husain Sanusi Dari Makkah)

Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved