Mata Uang Garuda Ditutup Melemah Pada Perdagangan Sore Ini

pergerakan rupiah cenderung masih akan terdepresiasi hingga sisa akhir tahun.

Mata Uang Garuda Ditutup Melemah Pada Perdagangan Sore Ini
Tribunnews/JEPRIMA
Seorang karyawan saat menghitung mata uang dalam bentuk pecahan Rp 50.000 dan pecahan Rp 100.000 di kawasan Kwitang, Jakarta Pusat 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Rupiah ditutup melemah. Berdasarkan data Bloomberg pada Jumat (2/8) pukul 15.59 WIB di pasar spot, kurs Mata Uang Garuda di angka Rp 14.205 per dolar AS, melemah 0,63% dari posisi penutupan kemarin pada Rp 14.116 per dolar AS.

Sedangkan di Jakarta Interbank Spot Dollar Rate (JISDOR) rupiah juga ikut melemah 0,74% di level Rp 14.203 per dolar AS dibandingkan penutupan kemarin US$ 14.098 per dolar AS.

Kepala Ekonom UOB Indonesia Enrico Tanuwidjaja mengatakan, pergerakan rupiah cenderung masih akan terdepresiasi hingga sisa akhir tahun.

Bukan karena dampak dari penurunan suku bunga acuan The Fed (FFR) berkepanjangan, tapi juga karena kondisi fundamental Tanah Air yang masih terlilit defisit transaksi berjalan (CAD).

"Selama struktural CAD belum berubah, rupiah akan terus bergerak terdepresiasi secara terukur," kata Enrico kepada Kontan, Kamis (1/8).

Sementara itu, dampak sikap The Fed yang hawkish terhadap kebijakan moneternya berhasil membuat dollar AS menguat terhadap mata uang dunia lainnya.

Enrico memperkirakan, selama data ekonomi AS masih cukup solid peluang untuk FFR kembali dipangkas baru akan terjadi di Desember 2019.

Saat itu terjadi, bisa dipastikan aliran dana asing yang masuk ke negara berkembang atau emerging market seperti Indonesia cenderung akan melambat.

Bahkan, tercermin dari kondisi Kamis (1/8), asing cenderung melakukan profit taking saat mengetahui sikap hawkish The Fed.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Jelang Akhir Pekan, Rupiah Ditutup Melemah di Level Rp 14.205 per Dolar AS

Editor: Damanhuri
Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved