Idul Adha 2019

Kumpul di Balaikota, Pengurus DKM se-Kota Bogor Belajar Cara Sembelih Hewan Kurban

pemisahan antara daging merah dan hijau, kemudian penanganan limbah, cara memotong, dan mengidentifikasi kondisi hewan sebelum disembelih.

Kumpul di Balaikota, Pengurus DKM se-Kota Bogor Belajar Cara Sembelih Hewan Kurban
TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho
Pengurus DKM Di Kota Bogor Ikut Sosialisasi Juleha Di Balaikota Bogor 

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Dinas Pertanian (Distani) Kota Bogor menggelar acara sosialisasi tata cara pemotongan hewan kurban dan Pelatihan Juru Sembelih Halal (Juleha) di Balaikota Bogor, Senin (5/8/2019).

Sosialisasi tersebut diikuti oleh 68 pengurus Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) se Kota Bogor.

Kepala Balai Besar Pelatihan Kesehatan Hewan Cinagara Bogor Wisnu Wasisa Putra mengatakan bahwa tujuan kegiatan tersebut adalah untuk mengedukasi pengurus DKM untuk penata laksanaan pemotongan hewan kurban.

"Dalam pemotongan hewan kurban nanti harus ada satu Juleha setiap tempat di wilayah Kota Bogor, harapannya, baik pada saat persiapan dan pelaksanaan sesuai degan kesejahteraan hewan dan sariah Islam," katanya

Wisnu menambahkan bahwa ada 13 kompetensi yang harus dimiliki Juleha.

Diantaranya adalah pemisahan antara daging merah dan hijau, kemudian penanganan limbah, cara memotong, dan mengidentifikasi kondisi hewan sebelum disembelih.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Pertanian (Distani) Kota Bogor Irwan Riyanto mengatakan bahwa kegiatan pelatihan sudah berjalan tiga tahun.

Nantinya setiap peserta yang sudah mengikuti pelatihan akan diberikan sertifikat.

"Jadi sudah banyak yang memiliki sertifikat di Kota Bogor ini, setiap tahun hanya mampu 68 orang saja, dalam rangka menyambut Idul Adha, hari ini pelatihan penyelembelihan hewan kurban, kedua kami besok adakan bursa hewan kurban di Pajajaran dan ketiga lusa, kami keliling memeriksa hewan kurban yang dijual di wilayah Kota Bogor," ucapnya.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Ardhi Sanjaya
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved