Breaking News:

Raih Medali di IMC 2019, Mahasiswa Indonesia Tempati Peringkat 16 Matematika Dunia

Sementara itu, Adrian Ramanda dan Rubio Gunawan dari ITB menyumbangkan masing-masing satu medali perak.

Dok. DITJEN BELMAWA KEMENRISTEKDIKTI
Enam mahasiswa Indonesia berhasil meraih tiga medali emas, dua perak, dan satu perunggu dalam International Mathematics Competition (IMC) 2019 di Bulgaria yang berlangsung pada 28 Juli ? 3 Agustus 2019. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM - Tidak hanya siswa pendidikan jenjang menengah atas, mahasiswa Indonesia juga turut unjuk prestasi di kancah Internasional.

Enam mahasiswa Indonesia berhasil meraih tiga medali emas, dua perak, dan satu perunggu dalam International Mathematics Competition (IMC) 2019 di Bulgaria yang berlangsung pada 28 Juli – 3 Agustus 2019.

IMC sendiri merupakan ajang penting bagi matematikawan muda dan sudah berlangsung sejak 1994.

Dilansir dari rilis resmi Direktorat Jenderal Pembelajaran, dan Kemahasiswaan (Ditjen Belmawa) Kemenristekdikti, medali emas diraih Farras Mohammad Hibban Faddila dan Muhammad Afifurahman dari Institut Teknologi Bandung (ITB), serta Valentino Prasetya dari Universitas Indonesia.

Sementara itu, Adrian Ramanda dan Rubio Gunawan dari ITB menyumbangkan masing-masing satu medali perak.

Satu medali perunggu diraih oleh Muhammad Rizki Fadillah dari ITB.

Keenam mahasiswa itu dipilih dari pemenang medali dari Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (ON-MIPA) yang diselenggarakan Ditjen Belmawa Kemenristekdikti.

Vicky Prasetyo Ternyata Sering DM Sarita, Respon Ibunda Shafa Harris Ini Bikin Raffi Ahmad Ngakak

Berharap jadi inspirasi

Mereka digodok di Jakarta selama tiga hari dan berlatih mengerjakan beragam bentuk soal olimpiade matematika internasional hingga mempersiapkan mental bertanding di bawah pendampingan Kepala Tim PelatihanSiti Fatimah, dosen Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Indonesia.

Tim Indonesia sendiri secara kolektif berhasil menempati posisi ke 16 dari 77 tim yang mengikuti helatan IMC dengan jumlah nilai akumulatif 211,17.

Halaman
12
Editor: khairunnisa
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved