Breaking News:

Ibadah Haji 2019

Sejak Tadi Malam, Jemaah Haji Sudah Diberangkatkan ke Padang Arafah Jelang Pelaksanaan Wukuf

Di Padang Arafah, jemaah haji akan menempati tenda-tenda yang sudah disediakan sesuai dengan Maktab-maktab yang telah ditentukan.

Editor: Damanhuri
Tribunnews/Muhammad Husain Sanusi/MCH2019
Masjidil Haram pada Selasa (16/7/2019) mulai dipadati jemaah haji dari berbagai negara. Pelaksanaan puncak haji 9 Dzulhijjah Wukuf di Arafah tahun ini jatuh pada 10 Agustus 2019. 

TRIBUNNEWSBOGOR.COM -  Puncak haji yang ditunggu-tunggu jemaah haji se-dunia akan jatuh pada Sabtu, 10 Dzulhijjah 1440 H atau 10 Agustus 2019.

Saat itulah jemaah haji akan melaksanakan ibadah wajib haji yakni wukuf di Arafah.

Kepala Daker Makkah, Subhan Cholid menjelaskan jemaah haji Indonesia akan mulai dimobilisasi berangkat dari hotel menuju Padang Arafah mulai Jumat (9/8/2019) pagi Waktu Arab Saudi.

“Pemberangkatan jemaahh haji ke arafah mulai jam 7 pagi dan kita agendakan selesai jam 8 malam,” kata Subhan Cholid di kantor Daker Makkah.

Di Padang Arafah, jemaah haji akan menempati tenda-tenda yang sudah disediakan sesuai dengan Maktab-maktab yang telah ditentukan.

Disitulah jemaah haji akan berwukuf memanjatkan doa di waktu dan tempat mustajabah yang hanya datang setahun sekali.

“Agenda jemaah di Sabtu pagi sampai dhuhur biasanya jemaah akan memperbanyak amaliah. Lalu dhuhur akan ada prosesi wukuf salat jamak qasar lalu khutbah wukuf dan setelah itu acara pribadi pribadi berdoa hingga waktu wukuf berakhir saat tergelincirnya matahari,” kata Subhan Cholid.

“Tidak ada ketentuan yang membatasi saat wukuf, jemaah bisa berdoa di dalam atau di luar tenda harapannya jemaah mengukur kemampuan fisiknya sendiri. Ada yang merasa berdoanya afdhol jika langsung menghadapi langit. Itu tergantung pribadi-pribadi,” kata Subhan lagi.

Suasana di Kota Makkah sejak semalam memang sudah mulai terlihat persiapan jemaah haji untuk menuju Arafah.

Sementara itu petugas haji Indonesia sudah diberangkatkan ke Arafah untuk melakukan penyambutan.

“Jam 12 malam ini (Waktu Arab Saudi) sudah disiapkan termasuk petugas pengawasan katering dan pengawasan maktab akan diberangkatkan malam ini mereka akan memberikan layanan,” ujar Subhan.

Selanjutnya keesokan harinya secara berangsur satgas Mina juga akan diberangkatkan, petugas ini berasal dari Daker Madinah.

“Petugas pos mabit Muzdalifah separuhnya dari Daker Makkah, terakhir sebagian petugas Daker Makkah akan ditugaskan melakukan sweeping di hotel masing masing untuk memastikan semuanya sudah berangkat ke Arafah,” ujar Subhan.

 (Tribunnews.com, Muhammad Husain Sanusi Dari Makkah)

Sumber: Tribunnews.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved