HUT Kemerdekaan RI

Saksi Bisu Perjuangan Para Pahlawan Kemerdekaan, Darah Masih Menempel Di Baju Seragam PMI

Karena memang seragam tersebut digunakan oleh para petugas medis dari PMI untuk membantu para pejuang ataupun yang gugur dimedan perang.

Laporan Wartawan TribunnewsBogor.com, Lingga Arvian Nugroho

TRIBUNNEWSBOGOR.COM, BOGOR TENGAH - Seragam Palang Merah Indonesia (PMI) saat masa perjuangan merebut kemerdekaan dari tangan penjajah menjadi saksi bisu dari perjuangan para pahlawan di wilayah Bogor dan sekitarnya.

Seragam yang disimpan di dalam etalase Museum Perjoangan, Jalan Merdeka No 56, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor seolah menggambarkan kisah perjuangan para pahlawan.

Bekas darah para pahlawan yang gugur di medan perang itu pun maaih menempel dipermukaan seragam PMI.

Karena memang seragam tersebut digunakan oleh para petugas medis dari PMI untuk membantu para pejuang ataupun yang gugur dimedan perang.

"Dalam menjalankan tugasnya para anggota PMI itu menolong, mengevakuasi bahkan sampai mengangkat para pahlawan yang gugur dalam peperangan, darah bekas para pejuang pun masih menempel diseragam itu karena memang ketika ada yg terluka ataupun gugur anggota PMI yang mengangkatnya dengan tangannya sendiri sambil memeluk para pejuang itu untuk dipindahkan ke tempat yang aman," kata Beni pemandu Museum Perjoangan Bogor, Senin (12/8/2019).

Baju petugas PMI saat zaman merebut kemerdekaan yang tersimpan di Museum Perjoangan Kota Bogor
Baju petugas PMI saat zaman merebut kemerdekaan yang tersimpan di Museum Perjoangan Kota Bogor (TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho)

Tidak hanya seragam PMI, bendera merah putih untuk menutup jenazah para pejuang yang gugur pun tersimpan rapi di dalam etalase museum.

Pakaian para pejuang yang berlumuran darah pun disimpan di sebelah seragam PMI.

Pak Ben menceritakan bahwa pakaian dan benda lainnya yang ada di dalam Museum merupakan benda benda asli yang digunakan pada saat masa perjuangan.

Beberapa pakaian tersebut diterima dan diserahkan dari para ahli waris.

Beni, pemandu Museum Perjoangan Bogor
Beni, pemandu Museum Perjoangan Bogor (TribunnewsBogor.com/Lingga Arvian Nugroho)

"Iya itu semua dari ahli warisnya, jadi dulu itu seragam itu digunakan pas Kalau ada yang luka dibawa ya itu darahnya masih asli itu pakaian medis yang dulu, ini percikan daranya jadi kaya getah ya dangkal, karena usianya dari sebelum kemerdekaan, Iya harus asli tidak ada yang kamuflase atau imitasi semua jadi saksi bisu," katanya.

Selain pakaian PMI banyak juga berbagai senjata rampasan perang yang disimpan di Museum Perjoangan.

Penulis: Lingga Arvian Nugroho
Editor: Yudhi Maulana Aditama
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved